Senin, 09 Desember 2019


Irwasum Polri: Polda Tipe A Lebih Menunjang Pembangunan di Kalbar

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1296
Irwasum Polri: Polda Tipe A Lebih  Menunjang Pembangunan di Kalbar

Peresmian Polda Kalbar Tipe A di Mapolda setempat, Senin (22/8). (SUARA PEMRED/ YODI)

PONTIANAK, SP- Inspektur Pengawasan Umum Polisi Republik Indonesia (Irwasum Polri), Komisaris Jenderal Polisi Dwi Prayitno mengharapkan peningkatan status Polda Kalbar dari tipe B menjadi tipe A dapat meningkat kinerja, suasana kamtibmas menjadi lebih kondusif.

“Artinya lebih menunjang kepada pembangunan, terutama pembangunan di daerah Kalbar,” kata Komjen Dwi Prayitno, usai Upacara Peresmian Peningkatan Tipe Polda Kalbar, Senin (22/8).

Menurutnya, peningkatan status Polda Kalbar telah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan. Dan akan dilakukan penambahan dua polres di Kalbar.

“Sekarang lagi diproses di Kementerian, Insya Allah mudah-mudahan dalam waktu dekat, ada beberapa Polres yang baru di sini. Insya Allah dalam waktu dekat, tahun ini bisa diputuskan,” ujarnya.

Dwi mengungkapkan dengan penambahan Polres di Kalbar, juga akan dilakukan penambahan jumlah personel Polri secara kuantitas. “Penambahan personel Polri selain dengan dilakukan rekrutmen rutin, juga tentunya dari Polda akan digeser dan di beberapa Polres juga akan dilakukan mutasi,” tambahnya.

Penambahan personel, lanjut Dwi,  ini akan diiringi peningkatan kualitas sumber daya Polri dan diimbangi dengan pelaksanaan reformasi kultural yang masih terus diproses, serta akan ditambah fasilitas.
“Fasilitas kita akan tambah terus, karena kita anggaran secara nasional kita menduduki rangking ketiga,” jelasnya. (ynt/sut)