Selasa, 19 November 2019


Inilah Alasan MADN Tidak Butuh Program Transmigrasi di Kalimantan

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1871
Inilah Alasan MADN Tidak Butuh Program Transmigrasi di Kalimantan

Ilustrasi

PONTIANAK – Sekretaris Jenderal Majelis Adat Dayak Nasional (Sekjen MADN), Jakobus Kumis menegaskan, masyarakat di Kalimantan sama sekali tidak membutuhkan program transmigrasi.

 “Program Transmigrasi, hanya menghamburkan uang negara. Kami bukan anti masyarakat luar, tapi realita di Kalimantan tidak ada masyarakat menginginkan program transmigrasi,” kata Jakobus, Rabu (9/11/2016).  

Diungkapkan Jakobus Kumis, sebagus apapun program transmigrasi, kalau tidak didukung pembangunan infrastruktur transportasi darat, tidak akan berhasil dengan baik.

Menurutnya, kenyataan di lapangan, para transmigran setelah ditempatkan hanya bisa bertahan beberapa bulan. Kemudian rumah dan lahan yang dibangun bersumber dari APBN ditinggalkan begitu saja.  Penyebabnya, antara lain karena hasil pertanian tidak bisa dipasarkan, lantaran tidak tersedia jalan darat dan pasar. 

“Kalimantan hanya membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan, terutama di sepanjang perbatasan dengan Federasi Malaysia. Kalau jalan sudah bagus, warga luar akan berdatangan dengan biaya sendiri, tidak perlu dibiayai pemerintah. Dengan demikian bisa menghemat biaya negara,” ungkap Jakobus. (aju)