Minggu, 08 Desember 2019


Enam Ruko dan Satu Rumah Hangus Terbakar di Sukadana

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 829
Enam Ruko dan Satu Rumah Hangus Terbakar di Sukadana

KEBAKARAN - Kebakaran hebat menghanguskan enam bangunan ruko dan satu buah rumah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Kamis (11/5) dini hari.

SUKADANA, SP - Kebakaran hebat menghanguskan enam bangunan ruko dan satu buah rumah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Kamis (11/5) dini hari. Lambatnya petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi disesalkan oleh warga.

"Informasi awal saya dapat jam setengah satu. Saya dihubungi kerabat bahwa ada kebakaran dekat ruko saya. Saya tidak tidur di ruko tapi tidur di tempat mertua saya. Ternyata setengah jam berselang kebakaran merembet ke ruko saya yang tiga pintu," kata Fahrizal Arbi, satu di antara pemilik ruko.

Akibat kebakaran tersebut, dia mengaku mengalami kerugian hingga Rp600 juta lebih dengan total bangunan tiga ruko dan beberapa barang yang hangus terbakar. "Total kerugian bangunan tiga pintu ini sekitar Rp600 jutaan. Kalau sama barang Rp600 juta lebih lah," terangnya.

Menurut Fahrizal, mobil pemadam kebakaran dari Sukadana telat datang ke lokasi, sementara mobil pemadam kebakaran dari Melanau lebih dulu sampai ke lokasi kebakaran. Salah seorang tokoh masyarakat Desa Simpang Tiga, Kamiriluddin menyesalkan lambannya penanganan dinas terkait, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kayong Utara dalam penanganan kebakaran ini.

Pasalnya, para petugas pemadam kebakaran baru tiba ke lokasi satu jam setelah kebakaran sehingga api menyebar ke bangunan ruko lainnya. "Pemadam kebakaran dari Sukadana,  BPBD Sukadana datang setelah enam ruko ini sudah terbakar. Jadi kurang lebih satu jam setelah kebakaran, mobil pemadam baru datang," sesalnya.

Kapolres Kayong Utara melalui Kapolsek Sukadana AKP Eko Budi  Darmawan SIK mengatakan bahwa berdasarkan informasi awal yang dihimpun pihaknya, kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 00.15 WIB. Adapun jumlah bangunan yang terbakar adalah enam buah ruko dan satu rumah penduduk.


"Api diduga berasal dari ruko yang berisikan sembako milik Budiman alias Ati. Penyebab kebakaran sementara diduga karena konsleting listrik," katanya. Ia yang baru saja menjabat Kapolsek Sukadana ini menambahkan, ada enam mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan guna memadamkan api.

"Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB dengan melibatkan enam unit pemadam kebakaran, antara lain satu unit dari Sukadana, empat unit dari Ketapang dan satu unit dari Simpang Hilir," jelasnya. Tak ada korban jiwa atas musibah kebakaran ini, sementara total kerugian masih belum bisa di perkirakan. (ble/ind)