Selasa, 19 November 2019


Empat Parpol Siapkan Calon Lawan Petahana

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 104
Empat Parpol Siapkan Calon Lawan Petahana

KETAPANG, SP – Empat partai politik mendeklarasikan berkoalisi untuk mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Ketapang 2020, Senin (23/9).

Keempat partai tersebut adalah Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Koalisi empat partai politik (Parpol) itu dinamakan Koalisi Rakyat Bersatu (KRB).

Sekretaris Nasdem Ketapang, Muhaiyan Sidik mengatakan, KRB terbentuk berdasarkan hasil kesepakatan empat Parpol untuk mempersiapkan perahu politik menuju Pilkada Ketapang 2020.

"Dari empat partai yang tergabung di KRB total kursinya 10, sehingga secara syarat sudah bisa mengusung satu pasangan calon bupati dan wakil bupati," kata Muhaiyan.

Meski telah mencukupi syarat, namun kata Muhaiyan, KRB tetap membuka peluang Parpol lain bergabung.

Sementara Ketua DPC PPP Ketapang, Sahrani menjelaskan, keinginan membentuk koalisi sudah direncanakan setelah pemilihan legisltatif (Pileg) 2019, namun baru dideklarasikan setelah ada kesepakatan bersama.

"Koalisi ini terbentuk karena kesadaran bersama menciptakan pemimpin ke depan. Kandidat yang akan diusung KRB harus memiliki kapasitas, integritas, dan elektabilitas yang teruji," kata Sahrani.

Di dalam KRB, masing-masing Parpol yang tergabung menyampaikan kriteria kandidat, serta keinginan kader untuk maju. Termasuk dari PPP yang menginginkan Sahrani maju sebagai calon kandidat yang diusung KRB.

“Namun jika ada yang lebih layak, saya siap jadi wakil. Kalaupun ada yang lebih pantas menjadi wakilnya maka saya siap tetap menjadi pendukung,” tutur Sahrani.

"Kesepakatan di KRB mendukung siapapun dan berkoalisi ke manapun, kami tetap bersama empat partai ini, jadi kalau ada tambahan partai lain tetap juga karena prinsip kebersamaan ini yang kita bangun dari awal," lanjutnya.

KRB dijelaskan Syahrani terbentuk dari komitmen bersama, terlebih dari tingkat kabupaten hingga provinsi, semua ikhlas maju bersama tanpa ada mahar politik untuk kursi-kursi mereka, dan ini merupakan partai berkomitmen tanpa mahar.

"Untuk di pusat memang belum, tapi masing-masing partai sama seperti PPP, kalau sudah diselesaikan di tingkat kabupaten dan provinsi insyaallah sama, karena rekomendasi dari daerah," akunya.

KRB, kata Sahrani akan mulai membuka pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang di sekretariat bersama KRB mulai, Selasa (24/9).

"Intinya kita menyediakan wadah yakni KRB, siapapun yang ingin maju kita siap mengusungnya, yang pasti KRB siap melawan petahana," pungkasnya. (teo/jee)