Selasa, 19 November 2019


Baznas Landak Uji Coba Panen Padi ZCD

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 56
Baznas Landak Uji Coba Panen Padi ZCD

LIHAT SAWAH - Asisten III Setda Landak, Bernadus beserta rombongan usai melihat budidaya pertanian dan padi sawah hasil dari program Zakat Community Development (ZCD) di Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, belum

NGABANG, SP - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Landak menggelar kegiatan panen padi perdana di Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, pekan lalu. Panen padi perdana itu merupakan lanjutan program Zakat Community Development (ZCD) untuk membantu perekonomian kaum mualaf dan mustahik.

Lahan padi yang dipanen oleh Baznas Landak itu merupakan lahan milik Aripin yang merupakan salah satu mustahik mualaf di daerah tersebut. Panen itupun dilakukan langsung oleh Ketua Baznas Landak, H. Wahidin Peni beserta rombongan.

Menurut Wahidin Peni, panen perdana itu merupakan kegiatan turun lapangan bagi Baznas Landak. Adapun ZCD memang khusus diprogramkan pada bidang pertanian dan peternakan.

“Panen padi perdana itu merupakan lanjutan program ZCD yang diantaranya masalah ekonomi pertanian. Bantuan bibit padi itu merupakan dari Baznas Kalbar untuk lahan pertanian bagi mualaf di daerah tersebut," ujar Peni, Senin (14/10).

Khusus untuk panen padi perdana, merupakan panen uji coba yang dilakukan Baznas Landak pada luas lahan sawah seluas 0,6 hektare. 

“Alhamdulillah, pelaksanaan uji panen itu berhasil dengan baik karena padi yang kita panen itu memang sudah masak," katanya.

Dia menambahkan, bantuan ZCD itu memang untuk membantu perekonomian, khususnya mustahik dan mualaf di Desa Otobasa.

"Untuk bantuan bibit padi pada mustahik mualaf di Desa Otobasa sebanyak 40 KK. Mudah-mudahan saja bantuan bibit padi yang sudah ditanam oleh masyarakat penerima bisa berhasil dengan memuaskan. Uji coba panen yang sudah kita lakukan itu hampir mencapai satu ton," ucap Peni. (dvi)

Target Pertama Penyaluran

Sebelumnya, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa yang diwakili Asisten III Setda Landak, Bernadus pada Februari 2018 lalu, meluncurkan Zakat Community Development (ZCD) di Dusun Otobasa. Launching atau peluncuran tersebut berlangsung di Masjid Jabal Nur Dusun Otobasa. 

Dusun Otobasa sendiri merupakan target pertama dari Baznas pusat dan provinsi untuk penyaluran program ZCD tersebut.

Selain launching, dilakukan juga penandatangan MoU bersama pendamping ZCD dan tenaga PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Landak dengan Baznas Landak. 

Selain itu dilakukan penyerahan pupuk, saprodi (sarana produksi), alat semprot dan kunci tempat penggilingan padi kepada masyarakat 40 mustahik (penerima zakat). 

Ada lima bidang yang dilakukan dalam program ZCD itu. Kelima program itu yakni bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang kemanusiaan dan bidang dakwah. Untuk tahap pertama, penyaluran ZCD yang dilakukan berkenaan dengan pertanian, dimana masuk di bidang ekonomi. (dev)