Selasa, 12 November 2019


Landak Bersiap Gelar Pilkades Serentak

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 101
Landak Bersiap Gelar Pilkades Serentak

RAKOR - Jelang pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019, Bupati Landak Karolin Margret Natasa membuka kegiatan rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh camat di Landak. Dari 156 desa, ada 50 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada 18 November m

NGABANG, SP – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Landak, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa memimpin rapat koordinasi (rakor) dengan para camat se Landak. Rakor berlangsung di aula besar Kantor Bupati Landak, Senin (21/10).

Hadir dalam rakor, Sekretaris Daerah (Sekda) Landak, Vinsensius, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Landak, Petrus Kanisius, para staf ahli Bupati Landak, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Landak dan seluruh camat di Landak.

Seperti diketahui, 50 desa dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Landak akan melaksanakan Pilkades Serentak Tahun 2019 ini. Sesuai jadwal yang dibuat, Pilkades serentak akan berlangsung pada 18 November mendatang.

Dalam arahannya, bupati mengatakan, terkait Pilkades serentak itu, ada landasan Undang-undang (UU) Pilkades yang tidak lengkap. Selain itu, pengaturannya juga terlalu umum dibandingkan dengan UU Pemilu.

"Kalau UU Pemilu diatur sangat jelas. UU Pemilu ini pun harus ada turunanya yakni, Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu. Adanya aturan tersebut membuat pelaksanaan Pemilu tidak rancu, namun masih saja ada terjadi berbagai perbedaan pendapat, sehingga masih ada perselisihan. Apalagi dalam UU Pilkades, aturan dan regulasinya sangat sederhana dan sangat umum," kata Karolin.

Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Landak, Mardimo mengatakan, saat ini persiapan Pilkades serentak sudah masuk tahap pencalonan.

"Pada hari ini (kemarin) dari pihak kecamatan sudah menyampaikan daftar bakal calon kades kepada kami untuk memudahkan verifikasi," akunya.

Dari verifikasi itu tambahnya, tentunya dapat melihat dari desa mana yang bakal calon kadesnya lebih dari lima orang.

"Kemudian, sudah berapa banyak bakal calon kades yang sudah kita identifikasi untuk kita lakukan tes tertulis. Tes tertulis ini sudah kita agendakan pada tanggal 28 Oktober 2019 ini," jelas Mardimo. (dvi)

Cakades Lebih dari Lima 

Sementara, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Raja Kecamatan Ngabang, Ya' Ridwan Fitri mengatakan, sesuai jadwal yang dibuat oleh DSPMPD Landak, Pilkades serentak di Landak akan berlangsung pada 18 November mendatang.

"Di Desa Raja sendiri ada enam bakal cakades yang sudah mendaftarkan dirinya kepada PPKD Raja. Karena yang mendaftar ada enam orang, kita meminta mereka untuk mengikuti penelitian khusus (litsus) cakades yang dilaksanakan oleh PPKD Landak pada 28 Oktober mendatang," jelasnya.

Dikatakannya lagi, PPKD Raja sudah mengantarkan berkas bakal cakades yang sudah mendaftarkan diri ke PPKD Kecamatan Ngabang.

"Enam Bakal Cakades Raja yang sudah mendaftar kita minta mereka bisa mengikuti Litsus itu. Dengan demikian, nanti ada lima cakades yang akan bertarung dalam Pilkades serentak nanti. Cakades yang mengikuti Pilkades memang harus lima orang," jelasnya.

Tapi tambahnya, kalau yang mendaftar hanya satu orang sebagai cakades, hal itu tentu tidak bisa.

"Paling tidak yang mendaftar ada dua orang, sehingga pelaksanaan Pilkades serentak bisa dilaksanakan," terang Ridwan.

Di Landak sendiri, memang ada 50 desa dari delapan kecamatan yang akan mengikuti Pilkades serentak tahun 2019 itu.

"Pada dasarnya, kita sudah melakukan persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di Landak ini. Kita juga sudah membentuk anggota KPPS yang siap melaksanakan Pilkades Raja. Memang ada 13 KPPS di Desa Raja yang siap melaksanakan Pilkades serentak itu," jelasnya. (dvi)