Selasa, 12 November 2019


Pemkab Landak Gelar Operasi Katarak Gratis

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 59
Pemkab Landak Gelar Operasi Katarak Gratis

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa

NGABANG, SP - Dinas Kesehatan Kabupaten Landak dan RSUD setempat menggelar bakti sosial operasi katarak gratis sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke-20 Pemkab Landak.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa di Pontianak, Senin (21/10) mengatakan, kegiatan bakti sosial operasi katarak ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap cukup banyaknya pasien penderita katarak di Kabupaten Landak yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan penanganan yang optimal berupa operasi katarak.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa dilaksanakannya operasi katarak gratis ini selain untuk memeriahkan HUT ke-20 Pemerintah Kabupaten Landak juga ingin memberi pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan agar memberikan manfaat secara langsung.

"Pada hari ini kami dari Pemerintah Kabupaten Landak melaksanakan salah satu kegiatan dalam rangka hari ulang tahun pemerintah kabupaten Landak yaitu operasi katarak gratis, melalui kegiatan ini kita ingin membantu masyarakat yang selama ini membutuhkan penanganan penyakit katarak," kata Karolin.

Karolin juga mengungkapkan bahwa saat ini RSUD Landak telah memiliki dokter spesialis mata, Ia berharap ketersediaan sumber daya yang dimiliki dapat memberikan hasil yang terbaik untuk pasien.

"Kami dapat melayani operasi katarak di RSUD Landak karena kita baru memiliki dokter spesialis mata, dan operasi ini menggunakan teknik terbaru mudah-mudahan hasilnya juga baik untuk pasien," tuturnya.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Landak dr.Wahyu mengungkapkan kegiatan operasi katarak ini diikuti sebanyak 30 pasien yang berasal dari seluruh kecamatan di kabupaten Landak. Ia juga mengatakan operasi katarak ini telah menggunakan teknik canggih yang dikenal dengan fakoelmusi.

"Pasien yang dioperasi sebanyak 30 orang, berasal dari seluruh kecamatan di kabupaten landak. Teknik operasi yang digunakan pun menggunakan teknik operasi yang cukup canggih yaitu fakoemulsi," jelas Wahyu.

Wahyu berharap melaui bakti sosial operasi katarak gratis ini dapat menjadi momentum titik tolak usaha penanganan penyakit mata di Kabupaten Landak.

"Kami berharap dengan diadakannya baksos ini, selain menjadi kado untuk masyarakat kabupaten landak pada hari ulang tahun pemda landak yg ke 20 ini, juga dapat menjadi titik tolak usaha penanganan penyakit mata, khususnya katarak di kabupaten landak," katanya.

Dia menambahkan setelah kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis ini penanganan pasien penyakit mata di kabupaten Landak akan dilaksanakan berkelanjutan

"Karena setelah baksos inipun apabila ada pasien katarak dan pasien penyakit mata lainnya tetap dapat dilayani di RSUD Landak," kata Wahyu. (ant)