Jumat, 22 November 2019


Disdukcapil Ditargetkan Layani Pembuatan Dua Ribu KIA

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 135
Disdukcapil Ditargetkan Layani Pembuatan Dua Ribu KIA

Ilustrasi

NANGA PINOH, SP - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Melawi, diberikan target oleh  Pemprov Kalbar untuk menerbitkan dua ribu Kartu Identitas Anak (KIA).

"Perintah Gubernur untuk tahun 2019 pada akhir Juli, harus sudah selesai sebanyak dua ribu lembar KIA. Tapi dari target yang diberikan, kita sebenarnya sudah melebihi, " kata Kepala Disdukcapil Melawi, Aci Evensius Ekeh, belum lama ini. 

Aci menerangkan, sudah ribuan KIA yang diterbitkan oleh pihaknya. Karena, KIA diwajibkan diterbitkan oleh seluruh Dukcapil kabupaten atau kota seluruh Indonesia.

"Pembuatan KIA cukup mudah, di mana orang tua hanya membawakan akta kelahiran, kartu keluarga, dan untuk anak di atas lima tahun foto ukuran 3×4 dua lembar," ujarnya.

Sedangkan untuk anak usia di bawah lima tahun, tidak memerlukan foto dan layanan pembuatan KIA gratis.

Menurut Aci, KIA merupakan dokumen yang diperlukan untuk pemenuhan hak anak.

"Selama ini, identitas kependudukan hanya diperuntukan orang dewasa 17 tahun ke atas. Padahal di Undang-undang, seluruh penduduk, anak pun harus ada juga identitas yang bisa dibawa ke mana-mana," jelasnya.

Ia menyatakan bahwa pihaknya memberikan kemudahan dalam pembuatan KIA agar program ini dapat berjalan dengan maksimal. 

Bagi orang tua yang mempunyai balita, dapat membuatkan KIA untuk anaknya dengan mendatangi kantor Disdukcapil Melawi dengan membawa persyaratan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, lanjut Aci, pihaknya juga menyurati pihak kecamatan yang ada di Melawi agar setiap sekolah - sekolah, SD maupun SMP agar bisa membantu memfasilitasi pembuatan KIA di setiap kecamatan. 

"Kami mengimbau kepada orang tua juga, agar dapat secepatnya mengurus KIA karena kartu tersebut banyak sekali manfaatnya seperti untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak," pungkasnya. (eko/lha)