Minggu, 08 Desember 2019


TPID Ella Hilir Latih KPM dan Perangkat Desa

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 96
TPID Ella Hilir Latih KPM dan Perangkat Desa

PELATIHAN - Foto bersama usai pelatihan inovasi peningkatan SDM pada KPM dan perangkat desa di Ella Hilir. Ist

NANGA PINOH, SP - Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Ella Hilir, Melawi, menggelar pelatihan inovasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada kader pembangunan manusia (KPM) dan perangkat desa di aula Kantor Camat Ella Hilir, Rabu (11/9). 

Pelatihan ini menjadi upaya peningkatan SDM dalam pencegahan stunting di wilayah Ella Hilir.
 
Dibuka oleh Camat Ella Hilir, Syaripudin, pelatihan ini turut melibatkan Tim Pendamping Desa (TPD) dan Tenaga Ahli (TA), serta sejumlah unsur masyarakat lainnya di lingkup Kecamatan Ella Hilir.

Ketua TPID Kecamatan Ella Hilir, Anton menyampaikan, pelatihan ini diberikan kepada KPM dari 19 desa yang tersebar di Kecamatan Ella Hilir, sebagai salah satu bentuk peningkatan kapasitas KPM sebagai pemegang program pencegahan stunting di desa.
 
“Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada KPM mengenai pentingnya pemahaman mengenai upaya pencegahan stunting dan sekaligus memberi pemahaman tentang gejala-gejala, ciri-ciri dan cara-cara pencehan dan penanganan stunting,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Camat Ella Hilir, Syaripudin, dalam sambutannya menuturkan, di dalam pola kerja KPM terkait penanganan stunting tidak bisa bekerja sendiri, namun juga harus bekerja sama dengan kader posyandu, PAUD serta masyarakat.

“Dalam penanganan stunting, KPM setiap tahunnya harus memberikan laporan kepada desa, puskesmas, kecamatan hingga Pemkab Melawi melalui instansi terkait, sehingga mengetahui perkembangan penanganan stunting serta upaya pencegahan,” katanya.

Syaripudin berharap, kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan peran dan kapasitas perangkat desa, KPM dan TPID sebagai pelaku Program Inovasi Desa. 

Ia mengingatkan kepada KPM untuk menjalankan tugas dan perannya sesuai dengan arahan dari tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. (eko/lha)