Minggu, 08 Desember 2019


847 Hektare Lahan Gambut Terbakar

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 86
847 Hektare Lahan Gambut Terbakar

PEMBASAHAN LAHAN - Anggota kepolisian melakukan pembasahan lahan gambut yang masih terbakar di lapisan bawah di sebuah kawasan. Di Kabupaten Mempawah, pada 2019 ini tercatat 847,5 hektare lahan gambut terbakar hingga September. Sejumlah daerah meliburkan

MEMPAWAH, SP - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Hermansyah menegaskan, terdata sebanyak 847,5 hektare lahan gambut yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tersebar di Kabupaten Mempawah hingga September 2019.

"847,5 hektare lahan yang mengalami kebakaran hutan dan lahan terdapat di 14 titik di tujuh kecamatan," katanya, kemarin. 

Menurutnya, kecamatan-kecamatan yang mengalami karhutla yakni Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Siantan, Sungai Kunyit, Anjongan , Sungai Pinyuh. Sedangkan Sadaniang dan Toho masih aman.

"Untuk kebakaran hutan dan lahan yang terbesar masih di kawasan Telayar, Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur dan Desa Anjongan Dalam," katanya.

Pihaknya terus siaga memadamkan karhutla di Kabupaten Mempawah.

"Kita terus patroli dan terus melakukan penanggulangan kebakaran bekerjasama dengan Manggala Agni, TNI, Polri, pihak desa dan lainnya," tegasnya.

Dikatakan, masih terdapat karhutla dikarenakan hujan belum merata di wilayah Mempawah, sehingga kabut asap yang disebabkan oleh karhutla masih terlihat di Mempawah, terutama pada pagi.

"Meskipun sudah terlihat kabut asap, namun kondisi udara masih masuk ambang normal," katanya. 

Dia meminta masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan dan proaktif menjaga lingkungan.

"Sebab, jika terdapat kebakaran hutan dan lahan di tempat mereka, tentunya mereka juga yang akan dirugikan," pungkasnya. (ben/bah)

Sebar Ribuan Masker 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Mempawah, Muchtar Siagian mengatakan pihaknya sudah menyebar ribuan masker di enam puskesmas di Kabupaten Mempawah.

Ia menghimbau terkait kabut asap yang berada di Kabupaten Mempawah, untuk tidak terlalu banyak keluar rumah.

"Jika pun hendak keluar rumah diusahakan pakai masker," katanya, belum lama ini. (ben/bah)