KPU Kota Sosialisasi Persyaratan Pendaftaran Bapaslon Pilwako

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 270

KPU Kota Sosialisasi Persyaratan Pendaftaran Bapaslon Pilwako
Ketua KPU Pontianak, Sujadi. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, menyosialisasikan persyaratan pencalonan dan syarat calon dalam Pilkada Kota Pontianak 2018.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Kartika, Jalan Rahadi Oesman, Pontianak, Jumat (5/1) pagi, mengundang sejumlah tim penghubung bakal pasangan calon (bapaslon) baik dari jalur parpol maupun gabungan parpol serta pimpinan partai tingkat kota.

Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi mengatakan setiap bapaslon yang akan mendaftar pada 8-10 Januari, harus memenuhi persyaratan pencalonan dan syarat calon sebagai kandidat Pilwako. Pada sosialisasi kali kedua ini, KPU ingin memastikan itu.

"Hari ini hanya memastikan bagi partai politik yang mengusung dan atau calon yang akan mencalonkan diri, itu persyaratan sudah lengkap belum, gitu," ujarnya kepada awak media.

Selain itu, KPU juga ingin memastikan rencana bapaslon untuk mendaftar.

"Dan tanggal berapa ingin mendaftar, supaya kita lebih siap," katanya.

Adapun persyaratan pencalonan bagi bapaslon perseorangan, wajib memenuhi jumlah dukungan minimal 35.423 pendukung yang tersebar paling sedikit di empat kecamatan.

Untuk jalur parpol atau gabungan parpol, jumlah perolehan kursi untuk mendaftar paling sedikit sembilan kursi. Atau perolehan minimal suara sah parpol pada Pemilu 2014 sebanyak 75.311.

Sedangkan untuk syarat calon, KPU Kota Pontianak mewajibkan bapaslon untuk memenuhi berkas administrasi, yaitu melaporkan harta kekayaannya di LHKPN KPK, membuat surat bebas pailit di Pengadilan Tata Niaga, bebas pajak dan memiliki NPWP, serta SKCK dari kepolisian.

"Syarat calon ini harus dilengkapi, kalau tidak akan kami tolak pendaftaran. Kecuali ada bukti surat pengurusan, bisa kami terima," tegas Sujadi.

Untuk bapaslon jalur perseorangan, KPU baru akan mengundang sosialisasi malam ini, Jumat (5/1). Lantaran ada sedikit perbedaan dalam persyaratan, bapaslon perseorangan tersendiri.

"Jam 19.00 nantidi KPU Kota, kita akan mengundang calon jalur perseorangan," kata dia.

Pendaftaran bapaslon di KPU, pada 8-9 Januari dimulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan di hari terakhir, 10 Januari, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00-24.00 WIB. (umr)