Selasa, 15 Oktober 2019


Percepatan Sertifikat Tanah, Camat Timur: Usulkan untuk Warga Bantaran Sungai

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 320
Percepatan Sertifikat Tanah, Camat Timur: Usulkan untuk Warga Bantaran Sungai

Camat Pontianak Timur, Ismail. (SP/Balasa)

PONTIANAK, SP - Sesuai permintaan Wali Kota Pontianak, Sutarmidji untuk melakukan percepatan kepemilikan sertifikat lahan di kawasan Pontianak Timur, Camat setempat, Ismail menjelaskan hal ini sebenarnya sejalan dengan program Badan Pertanahan Nasional (BPN) sesuai intruksi Presiden Jokowi. Untuk program tahun lalu, Pontianak Barat dan Pontianak Utara yang sudah mengajukannya.

"Saya juga sudah usulkan ke Pak Wali, terkait persertifikatan lahan di bantaran sungai. Kan ada inpres soal garis badan sungai. Dengan adanya water front, kita akan usulan ke BPN, agar water front itu sudah dianggap sebagai garis batas," katanya usai pembukaan Musrenbang Pontianak Timur, Rabu (7/2).

Dia menjelaskan, harapannya antara water front dan geretak kayu warga akan jadi lahan publik. Rencananya dalam bentuk taman. Sementara lahan yang bisa disertifikatkan adalah dari geretak kayu warga ke belakang.

"Kalau dengan Garis Sempadan Sungai, itu sampai 25 meter, kasihan warga yang tinggal di pinggir sungai, merasa tidak punya penguatan alas hak. Itu yang akan kita perjuangan dengan BPN," katanya.

Untuk jumlah lahan yang belum bersertifikat, Ismail menerangkan perlu ada pendataan ulang. Sebab beberapa tahun lalu, misalnya di Kampung Beting, sudah ada program pembuatan sertifikat. Soal sertifikat lahan ini pun sebenarnya jadi kendala warga dalam urusan administrasi. (bls)