Selasa, 15 Oktober 2019


Midji Akan Tetapkan Durian Unggul Kalbar

Editor:

Admin

    |     Pembaca: 285
Midji Akan Tetapkan Durian Unggul Kalbar

PONTIANAK, SP - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengatakan ke depan Kalbar akan mempunyai durian unggul. Nanti dari semua jenis durian yang ada di Kalbar, satu diantaranya akan ditetapkan menjadi Durian Unggul Kalbar. 

Menurut Sutarmidji, Kalbar mempunyai durian terbaik di Indonesia, setidaknya ada 18 jenis dan 12 diantaranya adalah durian serombut, sinku, ilok, yoma, plakin, yorens, balening, giorpi, kulak, raut emas, raja udang, lintau.

Durian terbaik di Indonesia ada di Kalbar tepatnya di Balai Karangan. Kecuali durian jenis pelangi, itu di Irian, tapi belum terlalu memasyarakat. 

"Nah, jenis yang sekarang kita kaji diluar durian jenis jarum mas, yang mana akan diunggulkan itu sekarang dihimpun menjadi 12 jenis,” ujarnya setelah membuka Festival Durian Borneo 2019, di Desa Punggur Kecil, Kubu Raya, kemarin.

Rata-rata Durian tersebut, adalah durian hutan, yang mempunyai daya tahan cukup lama dan tekstur isinya juga bagus. Menurut Midji pengembangan durian sekarang bisa direkayasa dengan teknologi pertanian. Baik bijinya, bau bahkan rasanya, mau atau tidak.

Midji mengaku bahwa dirinya pernah dikirim durian dari Sanggau. Dari sekian banyak durian yang dikirim, ada 1 buah yang bentuk duriannya tidak karuan. Namun ketika dibuka bijinya sedikitpun tidak ada. Artinya jika ini dikembangkan akan menjaga kelestarian durian yang ada di Kalbar dan terpenting jangan sampai durian Kalbar malah diakui oleh Nagara lain. 

“Kita harus jaga betul itu dan harus ada pengolahan yang terbarukan. Aloevera itu sudah ada 30 turunan home industri. Harusnya durian juga demikian, jangan hanya diolah menjadi lempok dan tempoyak,” jelas dia.

Mengenai jenis-jenis durian yang akan dijadikan unggulan, Midji menyebut bahwa semua kriteria-kriterianya harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum dipilih satu jenis yang unggul. 

Kata Midji kalau sekarang lebih cenderung ke durian serumbut, selain karena tekstur daging duriannya yang halus, daya tahannya lama, mudah dalam rekayasa teknologi pertanian, bijinya kecil, warna kulitnya juga menarik. (iat)