Kamis, 21 November 2019


Air Limbah TPA Ancam Kesehatan Warga

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 372
Air Limbah TPA Ancam Kesehatan Warga

TUTUP AKSES – Warga menutup akses jalan kendaraan truk yang mengangkut sampah ke TPA di Batu Layang

PONTIANAK, SP - Sejumlah warga sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Pontianak di RT 5 RW 5 Jalan Kebangkitan Nasional, Kelurahan Batulayang melakukan aksi penutupan akses masuk kendaraan truk pengangkut sampah ke TPA tersebut. 

Itu dilakukan karena air lindi (cairan dari timbunan sampah) dari TPA sudah memasuki lingkungan warga. Dalam lima tahun terakhir, air lindi selalu mengancam kesehatan masyarakat sekitar TPA.

Ketua RT sekitar TPA, Syamsul Bahri mengatakan penutupan dilakukan masyarakat dari pukul 06.00 WIB pagi sampai 10.30 WIB. Pihak terkait yang bertanggungjawab terhadap TPA tersebut juga dinilai tidak memiliki keseriusan dalam menangani air lindi tersebut. 

Portal penutup akses jalan akhirnya dibuka setelah warga bernegosiasi dengan Camat Pontianak Utara dan Lurah Batulayang. 

Namun, pihaknya masih tidak yakin dengan keseriuasan pemerintah menanggapi keluhan warga. 

"Air masyarakat tidak bisa digunakan mandi, cuci pakaian dan merusak pertanian kami," ucap Syamsul Bahri.

Syamsul mengungkapkan bahwa selama ini sudah melaporkan hal itu kepada pihak terkait. Namun, tidak mendapatkan respons, hanya janji belaka tanpa realisasi.

Permintaan sambungan air leding juga tak ditangggapi. Padahal, warga sudah menyampaikannya ke dinas, lurah, camat, dan bahkan mengirim surat ke Wali Kota Pontianak. 

“Tak ada realisasi yang nyata. Hanya janji-janji saja. Sampai sekarang tidak ada," pungkasnya. (din/bah)