Rabu, 11 Desember 2019


150 Arwana Super Red Berlaga di PCC

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 351
150 Arwana Super Red Berlaga di PCC

Arwana super red.

PONTIANAK, SP – Sebanyak 150 ikan arwana jenis super red akan berlaga dalam Pameran Ikan Arwana di Pontianak Convention Center (PCC) 15-17 November 2019. Rangkaian penilaian dalam pameran kali ini dilakukan juri dari dalam dan luar negeri. Di antaranya Thailand, Vietnam, Taiwan, Putussibau, Bandung, dan Surabaya. Penilaian mencakup beberapa kategori ukuran, yakni A 50 up, B 40 Up, C 30-40 D, di bawah 30 dan D kategori unik.

Ketua Asosiasi  Penangkar dan Pedagang Siluk Kalbar, Walujan Tjin mengatakan budidaya serta penangkaran ikan Arwana sudah berjalan sekitar 20 tahun lebih. Namun, tidak semua ikan bernilai baik. Perkembangan zaman, pameran dan adanya teknologi informasi memberi banyak pengetahuan cara memilih ikan terbaik. Alhasil, para penangkar dapat memilih ikan yang diinginkan pasar.

"Melalui pameran ini masyarakat memahami bagaimana cara mendapatkan kualitas ikan arwana jenis super red yang terbaik, juga dapat mengedukasi masyarakat bahwa mencari bibit arwana yang baik. Kualitas ekspor pun diharap makin baik," katanya kemarin.

Walujan menjelaskan, beberapa kawasan asal seperti Kabupaten Kapuas Hulu, banyak melahirkan ikan arwana jenis super red yang banyak dicari. Akan tetapi banyaknya penangkar tidak menjamin bibit yang mereka hasilkan terbaik.

Terkait dengan ekspor, dia menyebut permintaan pasar begitu besar. Namun lantaran arwana masuk jenis ikan dilindungi, harus ada izin yang jelas. Sementara ekspor terkait perizinan juga dilakukan di Swiss. Sedang di Kalbar, hanya kurang lebih 20 yang memiliki perizinan lengkap dari ribuan yang ada.

“Ini menjadi tantangan kita di mana ekspor ini dapat menarik devisa sehingga kami berharap ada kemudahan bagi para penangkar mengurus perizinan agar ikan arwana dapat diekspor keluar negeri. Selain meningkatkan jumlah pekerja melalui budidaya ikan, juga lebih mengenalkan Kalbar sebagai kawasan asli ikan arwana super red,” pungkasnya. (ril)