Selasa, 21 Januari 2020


Budak Jeruju Persembahkan Emas SEA Games

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 892
Budak Jeruju Persembahkan Emas SEA Games

EMAS – Erik Gustam atlet asal Kalbar mempersembahkan emas untuk Indonesia di SEA Games 2019 lewat tim Sambo.SURIA MAMANSYAH/SUARA PEMRED

CLACK, SP - Tim Sambo Indonesia berhasil menyabet emas medali emas di nomor Mixed Team dalam pertandingan SEA Games 2019 di Clark, Filipina, Jumat (6/12). Tim sambo Indonesia diperkuat oleh Desiana Syafitri, Emma Ramadinah, Erik Gustam, dan Rio Bahari. Mereka menghadapi atlet Thailand, yaitu Sasipilai Chaisang, Supattra Nanong, Arthit Khuansathan, dan Songram Jenghor.

Erik Gustam merupakan atlet asal Kalbar, tepatnya daerah Jeruju, Pontianak.

"Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga saya, teman-teman saya, pelatih saya dan seluruh warga negara Indonesia khususnya di Kalbar yang telah mendukung saya," ujarnya.

Di Kalbar, Erik merupakan orang yang membawa cabang olahraga tersebut. Meskipun latar belakang olahraga yang pernah dia tekuni sejak 2014 lalu adalah Judo. Setelah empat tahun berlalu atau tepat pada tahun 2018 lalu, barulah dia berlaga di cabang olahraga Sambo.

"Emas ini saya persembahkan untuk Kalbar terutama tanah kelahiran saya," ujarnya.

Keberhasilan Mixed Team sambo meraih medali emas membuat cabang olahraga tersebut sudah mempersembahkan empat medali emas untuk Indonesia pada SEA Games 2019. Hal itu membuat koleksi Indonesia secara menyeluruh menjadi 40 medali.

Sebelumya, Indonesia meraih tiga medali emas di cabor sambo. Pada Kamis (5/12), Indonesia mendapatkan satu medali emas dari cabor sambo atas nama Kristian Senie. Dia menjadi yang terbaik pada kelas Combat Sambo 90kg.

Pada Jumat (6/12), Indonesia menambah koleksi medali emas melalui nama Fajar dan Ridha Ridwan. Fajar menang di kelas Combat Sambo 57kg dan Ridha menang di kelas Sport Sambo 80kg.

Hingga Jumat pukul 19.00, Indonesia sudah mengoleksi 40 emas, 41 perak dan 47 perunggu. Indonesia ditempel ketat oleh Vietnam yang mengoleksi 38 emas, 41 perak dan 52 perunggu. Posisi Vietnam di klasemen perolehan medali SEA Games 2019 saling berkejaran dengan Indonesia. Adapun Filipina tetap mendominasi dan menduduki posisi puncak klasemen dengan perolehan 71 medali emas, 55 medali perak dan 50 medali perunggu. (sms/bls)