Rabu, 19 Februari 2020


Peringati Hari Armada ke-74, Lantamal XII Pontianak Lakukan Bersih-Bersih Sampah di Sungai Kapuas

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 135
Peringati Hari Armada ke-74, Lantamal XII Pontianak Lakukan Bersih-Bersih Sampah di Sungai Kapuas

BERSIH SUNGAI - Memperingati Hari Armada ke-74 Tahun 2019, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak, menggelar bersih-bersih sampah Sungai Kapuas, Selasa (10/12).

Memperingati Hari Armada ke 74 Tahun 2019, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak, menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya adalah bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas.

Kegiatan tersebut berlangsung di Taman Alun Kapuas Pontianak, Selasa (10/12) pagi. Mengusung tema "Ayo Peduli, Laut dan Sungaiku Terbebas dari Sampah", kegiatan ini mendapat dukungan penuh masyarakat, khususnya nelayan Kalbar, yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Bersih-bersih sungai yang dipimpin langsung oleh Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi, dan dihadiri Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Gubernur Kalbar, yang diwakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawaasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), Adi Yani. Hadir pula Ketum KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar, dan jajaran TNI-Polri, tokoh masyarakat.

"Sesuai dengan petunjuk pimpinan, kita  melaksnakan bakti sosial, yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Salah satunya bersih-bersih Sungai Kapuas, yang dilakukan pagi ini," kata Laksma TNI Agus.

Sebelum dilakukan pembersihan tersebut, Lantamal XII Pontianak telah survey lokasi. Pada survei tersebut, masih banyak sampah-sampah plastik, dan limbah masyarakat di Sungai Kapuas. Kemudian, dengan dukungan semua masyarakat, Lantamal XII melaksanakan bersih-bersih Sungai Kapuas.

“Kondisi tersebut tentu, sangat tidak layak, untuk dibiarkan, karena dapat menggangu kesehatan apabila tidak dijaga kebersihannya. Sehingga pada Hari Armada ini, kita bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas,” tuturnya.

Selain bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas, Lantamal XII Pontianak juga melaksanakan Donor Darah dan lomba mewarnai. Untuk semakin memeriahkan kegiatan, maka ada pembagian doorprize dan pemberian penghargaan kepada para pejuang sampah, yang terdiri dari para nelayan Kalbar.

“Dari data yang ada, sekitar 200 peserta telah mendaftar untuk melaksanakan donor darah. Kita bekerja sama dengan PMI Kota Pontianak, untuk menambah stok darah," ungkapnya.

Selain ketiga kegiatan tersebut, Laksma TNI Agus menjelaskan, pada Jumat, (6/12), pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan perapian taman Alun-alun kapuas. Berbagai kegiatan juga telah digelar, mulai dari pengecatan, hingga perapian pohon-pohon di taman Alun-Alun Kapuas.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono mengatakan kegiatan tersebu tentunya bernilai positif, terutama untuk mengatasi masalah kebersihan Sungai Kapuas yang semrawut saat ini. Dia juga mengapresiasi langkah Lantamal XII Pontianak karena telah menjadi inisiator untuk mengkampanyekan kepada seluruh stakeholder maupun masyarakat untuk bersama menjaga sungai kebanggaan masyarakat Kalbar ini.

“Tak hanya stakeholder terkait, namun langkah tepat juga telah dilakukan dengan mengajak nelayan maupun masyarakat tepian sungai untuk bersama menjaga kebersihan Sungai Kapuas,” ujarnya. (mul)