Selasa, 12 November 2019


Polisi Amankan Pelantikan Pimpinan DPRD

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 59
Polisi Amankan Pelantikan Pimpinan DPRD

Aksi Demo – Sejumlah mahasiswa melakukan aksi demo saat pelantikan anggota DPRD Sambas periode 2019-2024 di gedung DPRD Sambas, beberapa waktu lalu. Di pelantikan pimpinan DPRD, polisi hanya menyiagakan 35 personel pengamanan.

SAMBAS, SP – Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sambas akan menggelar pelantikan pimpinan DPRD Sambas defenitif, Rabu (22/10).

Ketua Sementara DPRD Sambas, Abu Bakar mengatakan, pelatikan dilakukan setelah pihaknya mendapat surat keputusan (SK) dari Gubernur Kalbar. 

Sebelumnya, disampaikan legislator Parti Gerindra ini, rencananya pelantikan unsur pimpinan dilaksanakan Minggu lalu, namun ditunda karena banyaknya agenda kepartaian. 

"Kemarin sudah dilaksanakan gladi bersih dan hari ini dilakukan pelatihan unsur pimpinan DPRD," kata Abu Bakar, Selasa (22/10).

Empat pimpinan yang dilantik merupakan perwakilan dari partai politik (Parpol) pemenang Pemilu di Sambas, yakni Abu Bakar dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai Ketua DPRD Sambas.

Kemudian Ferdinand Solihin dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arifidiar dari Partai Golongan Karya (Golkar), dan Suriadi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai Wakil Ketua DPRD Sambas.

Setelah dilakukan pelantikan, jadwal kedewanan dilanjutkan dengan menggelar rapat pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan badan di DPRD Sambas.

"Pembentukan Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Bamus), Badan Kehormatan (BK), Ketua komisi-komisi dan AKD, insyaallah akan disegerakan setelah pelantikan unsur pimpinan DPRD, sebab banyak tugas yang sudah menanti," tutupnya.

Sementara Kapolres Sambas, AKBP Permadi Syahids Putra mengungkapkan telah menyiapkan personel pengamanan pelantikan pimpinan DPRD Sambas. 

"Pengamanan pelantikan kita siapkan 35 personil inti di dalam gedung dan menyiapkan personil pendukung juga," tuturnya.

Menurut Permadi juga tidak ada laporan yang masuk ke pihaknya terkait rencana melakukan aksi saat hari pelantikan nanti.

Info yang masuk tidak ada demo dan sebagainya dan pelantikan tetap sesuai dengan rencana," ungkapnya.

Kondisi ini juga membuat jumlah aparat yang diturunkan untuk pengamanan pelantikan tidak terlalu banyak.

"Pengamanan kita lakukan sama dengan saat pelantikan anggota DPRD sebelumnya, hanya saja personil yang disiapkan tidak terlalu banyak,” pungkasnya. (noi/jee)