Kamis, 12 Desember 2019


Persiapan Gawai Dayak Sudah 80 Persen

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 1445
Persiapan Gawai Dayak Sudah 80 Persen

Ilustrasi. (Net)

SANGGAU, SP - Berbagai persiapan terus dilakukan  Panitia Gawai Dayak XIV Kabupaten Sanggau guna menyukseskan agenda tahunan yang masuk dalam kalender pemerintah daerah tersebut. Hingga saat ini persiapannya sudah mencapai 80 persen.
 
“Pelaksanaannya mulai tanggal 7 sampai 9 Juli 2018 di Rumah Betang Dori Mpulor. Untuk persiapan sudah 80 persen. Mudah-mudahan tanggal 6 sudah siap infrastruktur pendukungnya,” kata Ketua Panitia Gawai Dayak XIV Kabupaten Sanggau Sudarsono, Selasa (3/7).

Selama gawai Dayak, dijelaskan Sudarsono, panitia akan menampilkan 17 perlombaan. Yakni pemeran dan kuliner, warung kuliner, tari Dayak kreasi, lagu daerah, merangkai manik-manik untuk souvenir, domamankng domia dan lomba busana anak.

Kemudian, lanjut dia, lomba mendongeng, menumbuk padi, kue tradisional, mematung atau memahat, pangkak gasing, perisai, menangkap ternak (babi), detik budaya, lomba sape dan lomba tatto.

Sudarsono menambahkan, selama pelaksanaan gawai, dilarang menjual atau membawa minuman keras berupa arak maupun sejenisnya dan imbauan itu akan di tempel di tempat-tempat umum, stand atau warung maupun dapur kontingen.

Kecuali, lanjut Sudarsono, minuman tradisional berupa tuak. “Kalau tuak diperbolehkan. Tetapi kalau arak dilarang dan jika ada pelanggaran, maka saat itu juga adatnya harus diselesaikan,” tegasnya.

Kepada seluruh elemen masyarakat Sanggau, Sudarsono mengajak untuk bersama-sama menyukseskan gawai Dayak. 

“Mari kita sukseskan gawai Dayak. Datang ramai-ramai ke Rumah Betang Dori Mpulor. Bersama-sama kita menjaga keamanan dan ketertiban selama gawai berlangsung,” pungkasnya. (jul/jek)