Senin, 18 November 2019


Puluhan Anjing dan Kucing Divaksinasi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 64
Puluhan Anjing dan Kucing Divaksinasi

VAKSINASI HEWAN - Seekor kucing diberi vaksinasi rabies oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang, Rabu (16/10). Walau belum ditemukan kasus di tahun ini, vaksinasi dimaksudkan sebagai upaya pencegahan rabies. IST

SINGKAWANG, SP - Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang melakukan vaksinasi rabies terhadap puluhan anjing dan kucing di kantor dinas setempat, Rabu (16/10). 

"Pemberian vaksinasi rabies ini adalah dalam rangka memperingati HUT Pemkot Singkawang ke-18 tahun 2019," kata Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Singkawang, Yusnita Fitriadi. 

Dia mengatakan, jika vaksinasi yang dilakukan merupakan pemberian vaksin yang kedua. Tahap pertama sudah pihaknya lakukan pada September lalu. 

"Pemberian vaksin hanyalah semata-mata untuk mengantisipasi jangan sampai ada warga maupun hewan peliharaan yang terkena rabies," ujarnya. 

Sehingga, pemberian vaksin mulai dari tingkat kota sampai kelurahan atau desa akan terus pihaknya lakukan guna mendukung Singkawang sebagai kota pariwisata. 

Dia pun melibat, jika antusias warga untuk memberikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaannya sangat luar biasa. 

"Bahkan yang datang bukan hanya masyarakat Singkawang saja, tapi juga ada dari luar Kota Singkawang seperti Sungai Nyirih," ungkapnya. 

Apalagi pemberian vaksin yang pihaknya lakukan sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Pada kesempatan yang sama, Dokter Hewan Singkawang, Rossa mengatakan, pemberian vaksin rabies kepada hewan peliharaan sangat perlu, mengingat rabies sifatnya Zoonosis. 

"Yang artinya dapat menularkan dan menimbulkan kematian pada manusia," katanya. 

Menurutnya, rabies bisa dicegah 100 persen, yaitu dengan cara vaksinasi. Dia pun menilai, jika masyarakat Singkawang sudah banyak yang sadar akan pentingnya vaksinasi. 

"Sehingga pada banyak yang datang, apalagi tidak dikenakan biaya atau gratis," ujarnya. 

Seperti tahun 2018, kata dia, sudah pernah ditemukan virus rabies pada hewan sebanyak tiga ekor anjing, tepatnya di Kelurahan Nyarungkop, Kecamatan Singkawang Timur.

Namun, hingga Oktober 2019, pihaknya masih belum menerima laporan adanya virus rabies baik pada hewan maupun manusia. 

"Sehingga vaksinasi yang kita lakukan adalah sebagai bentuk pencegahan jangan sampai rabies terjadi lagi di Kota Singkawang," ungkapnya. (rud/lha)

Upaya Penanggulangan Rabies

Salah satu warga, Andre, menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan Dinas Pertanian untuk menanggulangi penyakit rabies di Singkawang. 

"Mudah-mudahan penyakit rabies ini bisa ditanggulangi dan tidak sampai menyebar ke manusia," katanya. 

Dia pun meyakini, vaksinasi yang dilakukan Dinas Pertanian akan memberikan kekebalan antibodi pada tiga ekor kucing peliharaannya maupun hewan peliharaan masyarakat lainnya. 

"Saya yakin kucing-kucing saya akan selalu sehat," ujarnya. (rud/lha)