Rabu, 19 Februari 2020


Selesaikan Proyek Penataan Kota Pusaka Segera

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 132
Selesaikan Proyek Penataan Kota Pusaka Segera

PENATAAN - Pekerjaan penataan kawasan kota pusaka di Jalan Diponegoro Singkawang, kemarin.

SINGKAWANG, SP - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menegaskan kepada pelaksana proyek pekerjaan penataan kawasan kota pusaka untuk segera menyelesaikan pekerjaan terutama di sepanjang Jalan Diponegoro. 

"Hal itu saya tegaskan lantaran pada tanggal 8 Februari akan digelar Festival Cap Go Meh yang tentunya akan menggunakan rute di jalan tersebut," kata Tjhai Chui Mie, Rabu (22/1). 

Selain itu, panitia juga akan mendirikan panggung kehormatan untuk para tamu VIP dan wisatawan guna menyaksikan even yang sudah dikenal secara nasional bahkan international tersebut. 

"Apabila belum bisa diselesaikan, tentunya akan sangat mengganggu," ujarnya. 

Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 881 personel gabungan untuk mengamankan jalannya Festival Cap Go Meh. 

"Sedangkan pada saat ritual cuci jalan (H-1 Cap Go Meh), akan ada 100an personel gabungan yang akan mengamankan jalur yang akan dilintasi para tatung," katanya. 

Untuk rute pawai Cap Go Meh, katanya, dimulai dari Jalan Firdaus, Jalan Diponegoro, Jalan Budi Utomo, Jalan Bawal, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, Jalan Stasiun dan finis di pertigaan simpang Jalan Kridasana. 

 Guna menghindari kemacetan, bagi kendaraan dari arah Pontianak menuju Sambas dan sebaliknya bisa melewati Jalan Tani, Yos Soedarso, Alianyang dan Ratu Sepudak. 

Sedangkan kendaraan yang datang dari Pontianak menuju Bengkayang dan sebaliknya, bisa melewati Jalan A Yani, Yohana Godang, Pelita, Kridasana, Jalan Tengah, P Natuna dan KS Tubun. 

Sementara kendaraan yang datang dari Sambas ke arah Bengkayang dan sebaliknya, bisa melewati Jalan Bambang Ismoyo, Sudirman dan Jalan Raya Singkawang-Bengkayang. 

"Saya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban umum selama perayaan Cap Go Meh berlangsung," ujarnya. (rud/bah)

Sarankan Geladi

Dandim 1202/Skw, Letkol Arm Victor JL Lopulalan mengatakan, apabila Presdien RI bersedia datang, maka Pangdam dan Kapolda akan berfungsi sebagai ketua pengamanan panggung VIP. 

"Pasti kedua jenderal ini yang akan bertanggungjawab untuk mengatur keamanan di VIP," katanya. 

Untuk itu, perlu dilakukan geladi guna mematangkan persiapan pengamanan pada hari H Festival Cap Go Meh 2020. 

Sebab, dengan dlakukannya geladi, sehingga lebih tahu siapa berbuat apa dan kalau terjadi apa-apa bisa dipertangggungjawabkan. 

"Untuk itu, kami sarankan kepada panitia bisa melakukan geladi baik di panggung VIP ataupun halaman Pemkot Singkawang," ujarnya. 

Dengan dilakukannya geladi, Festival Cap Go Meh ditahun ini diharapkan dapat berjalan dengan rapi dan tertib. (rud/bah)