Rabu, 23 Oktober 2019


Menegangkan! Polisi Bubarkan Massa Mengamuk di KPU Sintang

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 500
Menegangkan! Polisi Bubarkan Massa Mengamuk di KPU Sintang

Simulasi pengamanan Pilkada di Kabupaten Sintang. (SP/Tantra)

SINTANG, SP - Massa dari salah satu pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mengepung Kantor KPU Sintang.  

Aksi tersebut dilatarbelakangi karena adanya indikasi kecurangan dalam perhitungan suara hasil pemilihan gubernur. Massa menuntut dilakukannya perhitungan ulang, karena pasangan calon yang diusungnya merasa dicurangi sehingga mengalami kekalahan.  

Meski sudah dilakukan negosiasi, namun massa tetap menuntut dilakukan perhitungan ulang. Massa pun akhirnya mengamuk akibat adanya ketidakpuasan dalam perhitungan suara, yang terindikasi terjadi kecurangan. 

Situasi di halaman KPU menjadi tidak terkendali, yang berujung terjadi bentrok antara massa dengan petugas keamanan. Namun kesigapan petugas yang sudah terlatih, ternyata mampu meredam unjuk rasa anarkis tersebut. Sejumlah provokator yang menyusup pun diamankan.

Bentrokan di halaman Kantor KPU Sintang tersebut merupakan skenario simulasi yang digelar Polres Sintang.
        
Simulasi ini dipimpin  langsung Kapolres Sintang AKBP Sudarmin.  

"Latihan ini telah berulang kali kami lakukan. Hari ini merupakan puncak dari Peragaan Latihan Ops Mantap Praja Kapuas 2018 yang kita gelarkan," ucap AKBP Sudarmin, Kamis (15/2).

Menurutnya, latihan ini sebagai bukti nyata kesiapan dari Polres Sintang dan jajarannya untuk menghadapi pelaksanaan Pemilu Gubernur dan wakil Gubernur Kalbar 2018, yang sudah mulai berjalan sesuai tahapannya.

Dia berharap agar dalam pelaksanaan Pemilu yang sebenarnya nanti, masyarakat Sintang tetap bersikap cerdas, bijaksana dan tidak terpengaruh dengan isu dan berita yang tidak jelas sumbernya dari mana. (tra)