Minggu, 08 Desember 2019


Stikara Sintang Luluskan 90 Wisudawan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 140
Stikara Sintang Luluskan 90 Wisudawan

HADIRI - Asisten I Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Pemkab Sintang, Abdul Supriyadi menghadiri wisuda Stikara Sintang di Gedung Pancasila.

SINTANG, SP - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (Stikara) Sintang mengelar wisuda tahun 2019 di Gedung Pancasila Sintang, Rabu (11/09). Mahasiswa yang diwisuda kali ini sebanyak 90 orang dari tiga program studi yakni S1 Kesehatan Masyarakat, D III Kebidanan dan D III Perekam dan Informasi Kesehatan.

Acara dihadiri Asisten I Sekretariat Daerah Bidang Pemerintahan Kabupaten Sintang, Abdul Supriyadi mewakili Bupati Sintang Jarot Winarno.

Dalam sambutannya, Abdul Supriyadi mengatakan, salah satu nawacita Presiden RI Joko Widodo adalah melaksanakan  program revolusi mental dengan merubah pola pikir dengan mentalitas yang kuat kepada masyarakat untuk memajukan bangsa Indonesia  di tengah persaingan global  yang semakin ketat. Untuk itu keberadaan lembaga pendidikan tinggi dengan mengemban tugas mulia yaitu Tri Dharmanya  harus menjadi salah satu kekuatan dalam membangun revolusi mental.

“Sebab perguruan tinggi berperan penting untuk menciptakan kualitas SDM yang bercermin pada nilai-nilai yang terdapat dalam revolusi mental, sesuai tema inspirasi Presiden RI  Joko Widodo yaitu SDM Unggul Indonesia Maju,” ujarnya.

Supriyadi menjelaskan, perguruan tinggi harus mampu memanamkan nilai-nilai dari revolusi mental  kepada para mahasiswanya, baik dalam pendidikan kelas, aktualitasasi pendidikan, maupun agenda pengabdian kepada masyarakat.
“Sehingga yang menjadi tantangan kita saat ini bagiamana pemerintah daerah dan perguruan tinggi  saling bergotong-royong menyukseskan program revolusi mental, agar terbentuk karakter generasi muda bangsa yang berintegritas, beretos kerja tinggi dan berkarakter terpuji, serta menciptakan SDM unggul guna mendukung bagi pembangunan bangsa ini,” katanya.

Supriyadi menambahkan, keberadaan Stikara Sintang sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta di bidang kesehatan, menjadi salah satu kekuatan dan dapat memberikan kontribusi nyata dalam program revolusi mental di Kabupaten Sintang.

”Output pendidikan berupa tenaga-tenaga kesehatan yang dihasilkan Stikara Sintang harus mampu memiliki karakter mental  yang berintegritas , beretos kerja tinggi, siap melayani dan mampu berkolaborasi dengan kekuatan profesi lainnya,” tambahnya.

Ketua Stikara Sintang, Dr Uray B Asnol, MM, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, jumlah para wisudawan kali ini ada sebanyak 90 orang. Rinciannya yaitu untuk Prodi S1 Kesehatan  Masyarakat ada 19 orang, Program Studi D III Kebidanan 44 orang, dan Program Studi D III Perekam dan Informasi Kesehatan 32 orang.

Dia mengungkapkan, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan membangun gedung baru untuk ruang praktik dan gedung baru berlantai tiga, dimana rencananya untuk lantai dasar sebagai ruang laboratorium, sementara lantai dua dan tiga untuk perkuliahan.

“Kita juga mengucapkan terimakasih atas bantuan dana yang diberikan Pemkab Sintang sebesar Rp150 juta untuk peningkatan sarana,” ujarnya.

Pada acara wisuda ini hadir pula Kepala LLDIKTI wilayah XI Kalimantan  Prof. Dr. Ir.H. Udiansyah, MS,  Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalbar, Forkopimda Pemkab Sintang, Ketua dan pengurus Yayasan 99  Sintang, pimpinan perguruan tinggi se Kabupaten Sintang, para dosen dan staf Stikara Sintang, serta para orang tua wisudawan. (hms)