Selasa, 12 November 2019


Sintang Bangun Puskesmas Jasa di Perbatasan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 91
Sintang Bangun Puskesmas Jasa di Perbatasan

TINJAU - Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh meninjau progres pembangunan Puskesmas Jasa di Desa Jasa, Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, belum lama ini.

SINTANG, SP – Bupati Sintang Jarot Winarno no turun langsung melihat progres pembangunan Puskesmas Jasa di Desa Jasa, Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, belum lama ini. Puskesmas ini merupakan fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah untuk melayani masyarakat di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, Bupati Jarot memberikan apresiasi kepada pihak yang telah memiliki inisiatif untuk membangun Puskesmas yang akan berdiri megah tak jauh dari negeri Jiran tersebut.

“Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang itu pandai, dia memiliki inisiatif yang bagus, punya inisiatif untuk membangun puskesmas di sini, tentunya tidak terlepas atas kerjasama dengan masyarakat yang memiliki alat yang lengkap. Ini luar biasa,” ucap Jarot.

Menurut Jarot, dengan dibantunya oleh masyarakat yang memiliki peralatan yang lengkap, dapat memacu pembangunan Puskesmas.

“Ini sebenarnya deviasi sekitar 12 persen dari masa normalnya, seharusnya sudah bertambah, tetapi dengan dibantu oleh masyarakat, tentunya proses pengerjaan pembangunan puskesmas ini akan cepat, karena peralatan sudah lengkap, nanti tinggal meubeler saja yang masuk. Sungguh luar biasa,” tambahnya.

Masih kata Jarot, pembangunan Puskesmas ini juga tak lepas dari dukungan dan bantuan dari tokoh masyarakat Desa Jasa.

“Pak Laman inilah yang sudah sedia menghibahkan atau menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan Puskesmas Jasa ini,” ungkapnya.

Jarot menambahkan, jika puskesmas ini sudah dibangun, tepat berhadapan nanti akan dibangun Kantor Kecamatan Jasa jika daerah tersebut berhasil dimekarkan.

“Di depan puskesmas ini direncanakan akan dibangun Kecamatan Jasa, kalaulah berhasil dimekarkan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, mengatakan bahwa dengan berdirinya Puskesmas Jasa ini, maka bertambah pula Puskesmas yang ada di Sintang.

“Sejauh ini yang eksisting ada 20 puskesmas, kemudian pada bulan Agustus 2019 kemarin kita ada nambah satu puskesmas sehingga menjadi 21 puskesmas, dan Puskesmas Jasa ini adalah puskesmas ke 22 yang ada di Kabupaten Sintang,” kata Harysinto.

Harysinto menjelaskan, pembangunan fasilitas kesehatan ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Tahun anggaran 2019 dengan Pagu Rp8 miliar. Kemudian Puskesmas Jasa ini adalah puskesmas rawat inap, dimana nantinya ada 15 tempat tidur dengan peralatan yang lengkap dan, tenaga medis yang lengkap.

Dia berharap dengan dibangunnya puskesmas ini, masyarakat tidak lagi berobat ke negeri seberang, 

“Alasan kami membangun Puskesmas Jasa ini adalah pertama jarak dari Desa Jasa ke Desa Senaning inikan cukup jauh, belum lagi akses jalan yang belum begitu baik. Kemudian ada masyarakat dari Desa Jasa ini berobat ke negeri seberang, jadi kita mau masyarakat berobat di negeri sendiri. Nah itulah alasan kami membangun ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, meski selama ini di Desa Jasa sudah ada fasilitas kesehatan seperti Pustu dan Polindes, tapi yang dia inginkan dengan adanya Puskesmas ini ada tenaga dokter, tenaga medis dan perawat medis yang standbye, sehingga masyarakat tidak perlu berobat ke negeri seberang.

 “Hari ini kita sama Pak Bupati meninjau langsung, progresnya saat ini sudah 30 persen. Kita berharap pembangunan ini selesai pada awal Desember 2019. Kita pacu terus pembangunannya,” harapnya. (hms)