Selasa, 19 November 2019


Jamalong Dianugerahi Gelar Pelaku Olahraga Prestasi Nasional pada Peringatan Haornas 2019

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 301
Jamalong Dianugerahi Gelar Pelaku Olahraga Prestasi Nasional pada Peringatan Haornas 2019

Ahmad Jamalong (kiri) bersama wasit-wasit Sepak Takraw Indonesia di Ajang POMNAS XVI Jakarta Tahun 2019

WASIT Cabor Sepak Takraw asal Kalbar, Ahmad Jamalong baru saja mengukir prestasi di tingkat nasional. Wasit dengan lisensi International Sepak Takraw Federation (ISTAF), dinobatkan sebagai Pelaku Olahraga Prestasi Nasional.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, pada malam perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Tepi Sungai Martapuara, Banjarmasin, Kalsel, Minggu (8/9/2019).

Jamalong menjadi salah satu dari beberapa pelaku olahraga terbaik di Indonesia, yang mendapat apresiasi dari Kemenpora. Apresiasi tersebut diberikan kepada atlet berprestasi, mantan atlet, wasit, dan pembina yang fokus di dunia olahraga.

Penghargaan tersebut sengaja diberikan sebagai mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan para pelaku olahraga, sehingga akhirnya sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

“Alhamdulilah, saya mendapat apresiasi dari berbagai prestasi yang ada.  Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menpora RI Nomor 65 Tahun 2019, Tentang Pemberian Penghargaan Oiahraga Bagi Pelaku Olahraga Berprestasi,” ujar Jamalong kepada Suara Pemred, Selasa (8/10/2019).

Adapun tujuan pemberian penghargaan tersebut, lanjut Jamalong, adalah pihak Kemenpora berharap, bisa memotivasi pelaku olahraga lainnya agar lebih semangat lagi. Jamalong sendiri, adalah Wasit Sepak Takraw dengan prestasi Internasional.

Pria yang juga merupakan dosen senior di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Pontianak ini sudah malang melintang di dunai perwasitan Cabor Sepak Takraw. Ia telah memimpin berbagai kejuaraan bergengsi Sepak Takraw, baik singgle maupun multi event.

“Saya sudah memimpin pertandingan-pertandingan penting di suatu event sejak 2004. Baik event kejuaraan umum, mahasiswa, dan pelajar di berbagai belahan dunia,” lanjutnya.

Adapun beberapa kejuaraan internasional yang telah dipimpin Ahmad Jamalong di antaranya pada 2004 Wolrd Cup Sepak Takraw di Penang, Malaysia. 2005, 2006, dan 2008 Wasit Kings Cup Thailand.

Pada 2005 SEA Games Manila, Filipina, Asian Games 2006 Doha di Qatar, 2007 SEA Games Bangkok, Thailand, 2009 SEA Games Vientine di Laos. Tahun 2010 Wasit Asian Schools Games di Malaysia. Kemudian 2010 Asian Games Gong Zhou, China.

Lalu pada 2008 Wasit Asian Beach Games Bali, Indonesia dan pada 2010 Wasit Asian Becah Games di Muscat, Oman. Pada 2011 SEA Games Palembang, Indonesia. 2013 SEA Games Myanmar, 2017 SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia,  2018 Wasit Asean Schools Games di Shah Alam, Malaysia.

“Beberapa pertandingan penting yang saya pimpin adalah partai final pada Asian Games 2018 Palembang, Indonesia. Apabila dikalkulasikan, saya sudah memimpin 1.000 jam pertandingan di berbagai negara,” tutur pria yang juga menjadi anggota KONI Kalbar Periode 2017-2021. (mul)