Selasa, 19 November 2019


Kisah Ketangguhan Honda ADV150 saat Dibawa Adventure

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 120
Kisah Ketangguhan Honda ADV150 saat Dibawa Adventure

World Touring ADV 150 Jelajah Bumi Khatulistiwa Astra Motor Pontianak, dengan rute Pontianak-Ketapang, Sabtu (14/9/2019).

Terbukti Irit Bahan Bakar Minyak Walau Digaspoll

Sebagai motor adventure, yang saat ini menjadi kebanggaan Indonesia, Hodan ADV150 ternyata dibekali berbagai keunggulan fitur teknologi dan keamanan berkendara. Selain itu, yang pasti adalah irit mengkonsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).  

Motor yang baru dirilis pada 18 Juli 2019 ini, melahap 550 hanya dengan 12 liter BBM jenis premium. Catatan ini tentunya sangat mengagumkan, karena sebagai Skutik bongsor, Honda ADV150 dibekali mesin yang cukup besar.  

“Terbukti irit. Terbukti nyaman digunakan dengan berbagai kondisi jalanan,” ujar Prastya Agusta, Supervisor Marketing dan Promotion Astra Motor Pontianak.  

Kapasitas tangki bahan bakar Honda ADV150 memang cukup besar, yakni 8 liter. Saat memulai touring dari Kota Pontianak, masing-masing motor sudah diisi penuh. Hingga mencapai Kecamatan Sandai baru diisi kembali, danmasih ada saat tiba di Kota Ketapang.
 

“Selama perjalanan, tidak perlu sering-sering mengisi BBM. Bahkan perjalan hingga 550 Km, hanya sekali isi BBM,” tutur Prastya.  

Berberkal jenis ban enduro, yang sudah bawaan pabrik, yang dibenamkan ke Honda ADV150, serta dua shockbreaker Sowa di bagian belakang, membuat Skutik bongsor tersebut tetap nyaman dikendalikan, pada berbagai jalanan.
 

“Di medan sesulit ini, Alhamdulillah, semua peserta masih bisa mengontrol, handling, dan memacu kecepatan dengan baik,” ujar salah satu rider touring, yang jugfa merupakan pembalap ART Kalimantan, Yossie Legisadewo.  
 

Kisah keamanan dan kenyamanan juga disampaikan oleh Febri, dari Komunitas Honda Grand. Ia mengaku sangat ikut menikmati sensasi berpetualang dengan Honda ADV150. Dengan berbagai kelebihan, posisi riding ADV150, menjadi sorotannya.  

“Sangat nyaman, terutama posisi riding. Tidak membuat kita capai. Selama 12 jam perjalanan, kita tetap nyaman duduk. Letih pasti, namun tidak pegal, karena posisi riding nyaman,” katanya.
 

ADV150 mempunyai ground clearance 165 mm yang mampu melibas kondisi jalanan di berbagai kondisi. Di sisi pengereman, ADV150 mengadopsi wavy disc brake sebesar 240 mm pada roda depan dan 220 mm pada roda belakang.
  Jarak travel sok depan 130 mm, sedangkan jarak travel sok belakang 120 mm.

Peredam kejut bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal pada saat menikung. (mul)