Landak post authorKiwi 30 Maret 2020

Karolin Minta Pempus Segera Transfer Dana Alokasi Khusus Untuk Tangani Covid-19

Photo of Karolin Minta Pempus Segera Transfer Dana Alokasi Khusus Untuk Tangani Covid-19 Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa

LANDAK, SP - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa meminta pemerintah pusat segera mentransfer Dana Alokasi Khusus (DAU) ke rekening setiap pemerintah daerah agar dana tersebut bisa digunakan untuk keperluan mendesak, seperti penanganan virus corona (Covid-19).

"Kita harap DAU bisa segera dicairkan, karena saat ini kas di Landak hanya mampu untuk membayar gaji ASN sampai tiga bulan saja," kata Karolin di Ngabang, Senin (30/3).

Karolin meyakinkan apabila DAU dicairkan maka Pemkab Landak bisa lebih besar menganggarkan biaya untuk kesiapsiagaan penanganan virus corona.

"Kemarin, kita sudah merealokasi anggaran APBD 2020 sebesar Rp20 miliar dari berbagai sumber untuk penanganan wabah ini. Ini bukti keseriusan kami menangani pencegahan dan penyebaran virus corona di Landak," tuturnya.

Menurut Karolin, anggaran tersebut kemungkinan akan bertambah, mengingat pihaknya akan membiayai posko dan proses rujukan bagi masyarakat yang terpapar virus corona.

Realokasi anggaran ini diambil dari biaya anggaran perjalanan dinas, biaya pameran dan biaya rapat koordinasi. Anggaran kegiatan tersebut dialihkan untuk penanganan virus corona.

"Dalam penganggaran, kita berpedoman pada instruksi Presiden RI, Surat Mendagri RI dan Menteri Keuangan RI," katanya.

Selain itu, Pemkab Landak juga akan menyesuaikan perpanjangan kerja di rumah untuk ASN sampai 21 April sesuai dengan yang ditetapkan oleh Menteri PAN-RB.

"Karena itu sudah ditetapkan, ya kita ikuti saja. Namun, saya tetap tegaskan kepada ASN, work from home (WHF) telah diperpanjang, ASN tetap diminta untuk selalu berada di rumah jangan malah kelayapan," tegasnya.

Karolin menekankan setiap ASN memiliki tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) masing-masing, sehingga tahu apa yang harus dikerjakan. Ia berharap, meski bekerja di rumah, ASN tetap bisa menjalankan Tupoksinya dengan baik. (ril/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda