Melawi post authorelgiants 30 Maret 2020

Semprot Disinfektan Massal Kota Pinoh

Photo of Semprot Disinfektan Massal Kota Pinoh SEMPROT DISINFEKTAN - Kendaraan taktis watercanon Polres Melawi yang difungsikan untuk menyemprotkan disinfektan di ruas jalan protokol dalam kota Nanga Pinoh, Sabtu (28/3) malam.

Polres Melawi bersama Pemkab serta BSPBK Nanga Pinoh melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang ruas jalan protokol, Sabtu (28/3) malam. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan watercanon dibantu mobil pemadam kebakaran serta sejumlah unit kendaraan lainnya.

Sebelum penyemprotan cairan disinfektan secara massal ini, terlebih dahulu dilaksanakan apel di Pendopo Bupati Melawi pada Sabtu (28/3) sore. Baru pukul 19.00 WIB tim gabungan melakukan penyemprotan secara massal jalan protokol di Kabupaten Melawi.  

Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi mengatakan kegiatan ini dilakukan secara serempak oleh Gugus Tugas Tim Pencegahan dan Penanggulangan Covid -19 Kabupaten Melawi.

"Kegiatan ini dalam rangka menekan penyebaran virus corona (covid–19) yang lagi merebak di Indonesia agar tidak mewabah di Kabupaten Melawi. Menjadi sasaran adalah median jalan, bagian utama jalan dan bahun jalan,” katanya.

Penyemprotan ini juga untuk mensterilkan jalan-jalan yang ada untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kita ingin memastikan semua fasilitas yang ada termasuk jalan-jalan yang banyak dilalui kendaraan ini steril,” ujarnya.

Nantinya, penyemprotan yang dilakukan ini tidak hanya di lingkup kota saja, tapi juga serentak di seluruh wilayah Melawi. Termasuk kecamatan hingga desa melakukan penyemprotan seperti yang telah dilakukan gugus tugas Pemkab Melawi.

Tris melanjutkan, penyemprotan disinfektan ini akan rutin dilakukan di wilayah hukum Polres Melawi bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait. Namun demikian, warga juga diminta untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Dengan cara, di rumahnya masing-masing menyediakan dan menerapkan rajin cuci tangan dengan sabun serta olahraga secara individu. Kami juga menekankan warga tak berkumpul,” imbaunya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji saat apel gabungan di Halaman Rujab Bupati Melawi, berharap agar seluruh masyarakat di Melawi, agar tidak perlu panik namun tetap waspada dalam menghadapi ancaman virus corona.

“Masyarakat saya minta membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, tetap jaga kebersihan, lakukan cuci tangan sesering mungkin,” pintanya.

Panji menyatakan akan segera menerbitkan peningkatan status dari Tanggap Darurat menjadi KLB. Penetapan KLB akan diiringi dengan sejumlah langkah lainnya serta persiapan anggaran untuk memenuhi kebutuhan dalam penanggulangan Covid-19.

Pemkab sudah mempersiapkan anggaran tambahan yang diperuntukkan untuk pengadaan Aalat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, obat-obatan, kebutuhan posko pemeriksaan dan rumah sakit. (eko susilo/bah)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda