Nasional post authorAdmin 21 Maret 2020

Mengenal Istilah dalam Penanganan Corona Virus Diase (Covid-19)

Photo of Mengenal Istilah dalam Penanganan Corona Virus Diase (Covid-19)

KASUS penyebaran virus corona (Covid-19) telah terjadi di 180 negara di dunia. Termasuk di Indonesia, yang ternyata menjadi negara dengan kasus terbanyak korban meninggal. Hingga Jumat (20/3/2020) malam, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 60.

Sehingga total orang yang terinfeksi virus corona menjadi 369 orang. Data ini disampaikan oleh juru bicara pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, di BNPB, Jakarta.

Yuri merinci, penambahan pasien positif Covid-19 di Provinsi Bali, dari 1 orang menjadi 4 orang. Sementara, di Banten ada 10 pasien tambahan, sehingga total ada 37 orang positif Covid-19 di sana.

DIY akumulasi kasus menjadi 4 orang, turun 1 kasus dari kemarin. DKI Jakarta ada penambahan kasus menjadi 215 orang. Kemudian Jawa Barat ada penambahan kasus, sehingga total kasus ada 41 orang. Selanjutnya, di Jateng masih ada 12 orang, di Jatim ada 15 orang positif Covid-19.

Di Kalbar tidak ada penambahan kasus, jumlah tetap 2 orang positif Covid-19. Kaltim ada tambahan 7 orang jadi 10 kasus. Kepulauan Riau ada penambahan kasus 1  orang, total 4 orang, Kalteng ada dua kasus.

Sulawesi Utara tetap 1 orang, Sumatera Utara tetap 2 kasus. Sulawesi Tenggara ada 3 kasus, Sulawesi Selatan ada 2 kasus, di Lampung tetap 1 kasus, Riau ada 1 kasus. Namun, informasi terbaru dari Kadinkes Kalbar, dr Harrison, bahwa ada satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kalbar yang meninggal dunia.

Untuk mengenal beberapa istilah dalam penanganan Corona Virus Diase (Covid-19), berikut ini rangkuman Suara Pemred.

  1. ODP (Orang dlm Pemantauan)
  2. PDP (pasien dlm pengawasan)
  3. Suspect (diduga terkena virus karna sdh menunjukka gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan orang yang positif corona)
  1. Positif (setelah melalui cek lab dan prosedur lain )
  2. Lockdown mengunci masuk keluar dari suatu wilayah/daerah/negara
  3. Social Distancing Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.
  1. Isolasi untuk yang sakit. Mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit dari orang yg sakit)
  1. Karantina untuk yang sehat. Mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit ke orang yang sehat)
  1. Work From Home (WFH) Bekerja dari rumah
  2. Imported Case Seseorang terjangkit saat berada di luar wilayah di mana pasien melapor
  1. Local Transmission Pasien tertular diwilayah dimana kasus ditemukan.
  2. Epidemi Penyebaran penyakit secara cepat dengan jumlah terjangkit banyak dan tidak normal. Penyebaran disuatu wilayah.
  1. Pandemi Penyebaran terjadi secara. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda