Singkawang post authorelgiants 31 Maret 2020

Dandim 1202/Skw Ajak Masyarakat Bercocok Tanam di Lingkungan

Photo of Dandim 1202/Skw Ajak Masyarakat Bercocok Tanam di Lingkungan CEK TANAMAN - Dandim 1202/Skw, Letkol Arm Victor JL Lopulalan, memantau kebun singkong dan sayuran di lingkungan Makodim 1202/Skw. Ia mengajak masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong, untuk kebun sayur-sayuran.

Dandim 1202/Skw, Letkol Arm Victor JL Lopulalan, mengajak masyarakat sekitar,  untuk menanam ubi-ubian dan sayuran di lingkungan tempat tinggal. Aktivitas ini bisa mengantisipasi kekurangan pangan dalam menghadapi wabah Covid-19 yang cukup lama.

 Ajakan Dandim 1202/Skw tersebut, disampaikan saat ia meninjau tanaman-tanaman di sekitar Makodim 1202/Skw, Senin (30/3). Menurutnya, menghadapi wabah virus corona yang berkepanjangan, kebutuhan beras sangat meningkat.

Oleh sebab itu, ubi-ubian sebagai pengganti karbohidrat sangat penting untuk menambah maupun mengganti beras atau nasi bila ada kekurangan. Sehingga  tanah yang ada di masyarakat sangat bermanfaat apabila dikelola dengan baik.

“Dengan jalan menanami tanaman yang bermanfaat seperti ubi, singkong, keladi, serta sayur-sayuran, seperti terong, cabai, tomat dan kangkung. Yang bisa dipanen dalam waktu tidak begitu lama," kata Letkol Arm Victor JL Lopulalan.

Dandim 1202/Skw, juga mengajak masyarakat di wilayah binaan untuk peduli lingkungan dengan menanami tanaman produktif. Pihaknya juga mendorong seluruh masyarakat agar bisa  memanfaatan lingkungan sekitar baik dengan menanami sayur-mayur di lahan kosong.

“Atau di polibeg, sebagai suatu cara untuk physical distance antar sesama, sehingga tubuh kita tetap sehat,” tuturnya.

Dengan menanam ubi dan sayur mayur yang setiap saat bisa diambil, sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dapur di masa situasi wabah virus corona saat ini. Dandim 1202/Skw pun mengajak seluruh anggotanya, untuk bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal.

“Bercocok tanaman ini, tidak memerlukan modal yang besar atau pun tenaga yang banyak. Yang penting rajin dan mau bergerak. Bercocok tanam juga bagian dari olahraga di masa-masa seperti ini,” pungkas Letkol Arm Victor JL Lopulalan. (aep mulyanto)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda