Sintang post authorelgiants 24 Februari 2020

Hatta Pimpin Upacara HUT Bapak Pandu Dunia Ke-163

Photo of Hatta Pimpin Upacara HUT Bapak Pandu Dunia Ke-163 ATRAKSI - Upacara Puncak diawali dengan atraksi marching band dan kolaborasi tarian Dayak dan tari Melayu, yang ditampilkan para anggota pramuka dari murid SMA gabungan, di lapangan sepakbola Desa Sungai Ana, Kecamatan Kota Sintang, Sabtu (22/2) sore.

SINTANG, SP - Kendati hujan rintik-rintik dengan kondisi lokasi perkemahan berlumpur akibat satu hari satu malam Kota Sintang diguyur hujan cukup lebat,  Upacara Puncak Kegiatan  KTT Ke.V  dan Upacara Peringatan HUT Bapak Pandu Dunia ke-163, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sintang, tetap dilaksanakan Sabtu (22/2) sore.

Upacara tersebut dipimpin inspektur upacara Kadisnakertrans Kabupaten Sintang, Hatta, mewakil Bupati Sintang, di lapangan sepakbola Desa Sungai Ana, Kecamatan Kota Sintang.

Upacara Puncak diawali dengan atraksi marching band dan kolaborasi tarian Dayak dan tari Melayu, yang ditampilkan para anggota pramuka dari murid SMA gabungan.

Pada pidato Bupati Sintang, Jarot Winarno yang dibacakan inspektur upacara, menyatakan bahwa gerakan pramuka yang dirintis oleh Lord Robert Baden Powel , seorang tentara Ingris berpangkat Let dan dibawa masuk oleh Penjajah Belanda ke Indonesia pada 1912, mengalami  pertumbuhan sangat pesat hingga saat ini.

“Gerakan pramuka bertujuan mendidik kaum muda  agar berwatak, berkepribadian, berakhlak mulia, dan memiliki jiwa bela negara. Pramuka harus berperan sebagai kader pembangunan dan perekat bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

Hatta menilai bahwa gerakan pramuka sangat mendidik dan membina kaum muda Indonesia, dengan tujuan agar mereka menjadi manusia berkepribadian, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yang tertuang dalam janji Trisatya. (hms/lha)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda