Sport post authorAdmin 15 Maret 2020

Asprov PSSI Kalbar Gelar Pelatihan Wasit Lisensi D Nasional di Bengkayang

Photo of Asprov PSSI Kalbar Gelar Pelatihan Wasit Lisensi D Nasional di Bengkayang Ketum Asprov PSSI Kalbar, Setyo Gunawan

ASOSIASI Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Kalbar, bekerjasama dengan Asosiasi Kabupaten (Askab) Bengkayang, akan menggelar pelatihan wasit lisensi D Nasional. Pelatihan ini digelar sepekan, 22-28 Maret 2020, di Lapangan BRC Bengkayang.

Pelatihan ini terbuka untuk umum yang memenuhi persyaratan. Panitia menyediakan 30 kuota untuk pelatihan ini. Adapun tujuan pelatihan ini, adalah untuk meningkatkan profesionalitas dan kemampuan wasit di Kalbar dalam memimpin pertandingan.

“Kita mendatangkan pelatih wasit dari nasional, yaitu Coach Zainal Abidin. Kita berharap, agar para wasit yang ada di Kalbar, dan biasa memimpin pertandingan, namun belum memiliki lisensi, bisa ikut dalam kegiatan ini,” kata Sekum Asprov PSSI Kalbar, Nanang Setia Budi.  

Adapun persyaratan untuk menjadi peserta adalah mengambil formulir pendaftaran, FC KTP, Foto Berwarna 3X4, Surat Keterangan Dokter, mengisi data pribadi, dan mendapat rekomendasi dari SSB, Klub, Askab, Askot, serta Asprov.

Sementara fasilitas yang diberikan adalah sertifikat PSSI, piagam Askab PSSI Bengkayang, seragam latihan dan kelas dua stel, penginapan, starter kit, dan makan+snack. Pendaftaran terakhir pada 17 Maret 2020.

“Adapun uang pendaftaran bagi peserta asal Bengkayang, Rp3,5 juta. Sementara dari luar Bengkayang Rp4 juta. Mari kita semarakan pelatihan ini,” paparnya.

Adanya pelatihan Wasit Lisensi D Nasional yang digelar Askab PSSI Bengkayang dan Asprov PSSI Kalbar, diapresiasi oleh Ketua Asprov PSSI kalbar, Setyo Gunawan. Menurutnya, kegiatan tersebut sesuai dengan program kerja Asprov PSSI Kalbar Tahun 2020.

“Pembinaan prestasi Sepakbola, terus dilakukan oleh Asprov PSSI Kalbar. Salah satunya adalah dengan memperbanyak kegiatan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan profesionalitas Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Setyo.

Peningkatan tersebut berupa adanya pelatihan kepada para pelalu Sepakbola di Kalbar, di antaranya adalah Wasit dan Pelatih. Menurut Setyo, beberapa kali ia mendengar masukan dan saran dari Askab/Askot se-Kalbar, untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas SDM.

“Maka kami memperbanyak Diklat wasit dan pelatih. Pelatihan dan penataran wasit secara khusus untuk sertifikasi C2 dan C3, hingga ke desa-desa,” kata Satyo.

Ia mengajak kepada seluruh pengurus Askab/Askot se-Kalbar, bisa mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pelatihan tersebut. Ia pun mengakui, segera mengkomunikasikan, karena ini penting.

“Bagaimanapun juga pertandingan Sepakbola yang bagus tidak bisa terwujud tanpa didukung SDM wasit yang bagus yang memahami aturan Sepakbola. Bahkan pertandingan bisa kacau kalau wasit tidak memahami aturan,” jelasnya. (mul)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda