Sport post authorAdmin 25 Maret 2020

Pelatda PON XX, KONI Kalbar Tunggu Instruksi Pemerintah

Photo of Pelatda PON XX, KONI Kalbar Tunggu Instruksi Pemerintah Pelatda PON XX, KONI Kalbar Tunggu Instruksi Pemerintah

RAPAT Kerja Anggota (RKA) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, beberapa waktu lalu, menghasilkan keputusan di antaranya pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional (Pelatda PON) XX Papua yang diselenggarakan secara terpusat di Kota Pontianak, akan dimulai pada 1 April 2020.

Namun, di tengah wabah virus corona (Covid-19), KONI Kalbar, hingga kini masih melihat perkembangan kondisi sekaligus menunggu intruksi dari Pemerintah Provinsi, mengenai keberlangsungan Pelatda PON tersebut.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar menjelaskan, Pelatda PON XX tetap jalan, namun dengan adanya wabah Covid-19, pihaknya harus menunggu intruksi pemerintah termasuk pihak lainnya mengenai pelaksanaan Pelatda tersebut.

“KONI Kalbar berhati-hati mengambil keputusan, karena harus menghindari, agar atlet yang lolos PON XX tidak terdampak akibat virus tersebut,” kata H Fachrudin.

Menurutnya, program KONI Kalbar, yang sudah diputuskan mulai 1 April, masih menunggu petunjuk Gubernur dan pihak lain, karena menyangkut wabah virus ini. KONI Kalbar, akan mengambil langkah terbaik sehingga tidak memaksakan atlet lolos PON di tengah wabah virus corona.

H Fahrudin juga tidak ingin, atlet Kalbar yang sudah lolos berakibat gagal tampil pada PON XX Papua mendatang akibat Covid 19 maka sesuai intruksi dari KONI Pusat seluruh atlet diminta untuk tetap melaksanakan latihan mandiri di rumah masing-masing.

“Kita akan melihat situasi beberapa minggu ke depan, dengan harapan wabah Covid-19 berkurang maka pihaknya akan mengikuti anjuran dan instruksi pemerintah,” paparnya.

Mantan ketua KONI Kota Pontianak ini enggan menyampaikan alternatif kebijakan persiapan PON ditengah wabah Covid 19 apalagi diakuinya bahwa Covid 19 menganggu jalannya program persiapan PON tidak hanya Kalbar tapi seluruh provinsi lain di Indonesia.

Mengenai kepastian pelaksanaan PON Papua Fachrudin menegaskan belum ada informasi apapun dari KONI pusat maupun PB PON. Sesuai intruksi KONI pusat, Fachrudin menghimbau kepada seluruh Pengprov Cabor, termasuk atlet melaksanakan latihan mandiri di rumah masing-masing. Khusus bagi atlet Kalbar yang lolos PON, ia meminta agar tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada dirumah demi terhindar dari wabah Covid-19.

“Untuk nasional kita belum tahu langkah-langkah apa yang diambil KONI Pusat dalam pelaksanaan PON, semoga semua yang sudah kita lakukan bisa berjalan dengan baik” ujarnya. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda