Menggunakan Mesin 110cc, Revo X Bisa Dipacu 9,2 Nm/6.000 RPM

Advertorial

Editor Admin Dibaca : 45

Menggunakan Mesin 110cc, Revo X Bisa Dipacu 9,2 Nm/6.000 RPM
PONTIANAK, SP - Revo X memang masih menggunakan mesin yang sama dengan Revo Fi, yaitu mesin 110 cc 1 silinder SOHC 2-klep. Mesin berpendingin udara ini memiliki karakter overstroke dengan diameter x langkah 50 x 55,6 mm.

Catatan tersebut bisa membuat torsi maksimum 9,1 Nm / 6.000 rpm sudah terasa dari putaran rendah, cocok untuk menanjak dan mengangkut beban berat. Ditambah rasio transmisi 4-percepatan semi automatik-nya dikhususkan agar putaran bawahnya ringan.

Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam dari berhenti, Revo X cukup membutuhkan waktu 6,7 detik, lumayan gesit kan? Tapi konsekuensinya, saat dipakai kecepatan tinggi diatas 80 km/jam terasa nafas mesinnya habis saat masuk gigi 4.

Membuat top speed-nya tidak istimewa, di speedometer hanya 100 km/jam dan tercatat di Racelogic 94,8 km/jam. Wajar performa kecepatan tingginya tidak istimewa, karena keunggulan utama mesin ini adalah efisiensi bahan bakarnya.

Honda mengklaim konsumsi BBM mesin dengan sistem injeksi PGM-FI ini mencapai 59,8 km/liter (menggunakan metode pengukuran ECE R40 standar EURO 3). Klaim konsumsi BBM Revo X yang impresif, dibuktikan melalui metode full to full.

Kompresi mesin Revo X mencapai 9,3:1, sehingga kami mengetesnya dengan BBM RON 92. Hasilnya dengan gaya berkendara yang bebas dan tidak dibatasi bukaan gasnya, Revo X menghasilkan angka 50,15 km/liter.
Dengan kapasitas tangki sebesar 4 liter, Revo X bisa mencapai jarak lebih dari 200 km!

Catatan tersebut menujukkan Revo X sangat irit untuk mesin tanpa teknologi penghemat bahan bakar seperti ISS khas skutik Honda. Hasil konsumsi BBM-nya bisa lebih irit lagi jika gaya berkendaranya lebih halus dan lalu lintas jalannya lebih kosong. (mul/biz)