Jumat, 06 Desember 2019


PLN Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 100
PLN Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi

SEMINAR - Direktur Bisnis Regional Kalimantan, Machnizon menjelaskan kesiapan infrastruktur listrik Kalbar di kegiatan Seminar Nasional, di Hotel Mercure Pontianak, Rabu (19/12).

PONTIANAK, SP - Pada prinsipnya, keberadaan infrastruktur kelistrikan, berguna untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Demikian disampaikan oleh Direktur Bisnis Regional PLN Kalimantan, Machnizon saat menjadi pembicara di Seminar Nasional yang digagas Kemenristekdikti dan Universitas Tanjungpura di Hotel Mercure Pontianak, Rabu (19/12).

"PLN siap mendukung pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan produktivitas dan pengembangan industri di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Barat," ujarnya. 

Saat ini, dikatakannya, Sistem Khatulistiwa surplus daya hingga 100 MW. Progres pembangunan transmisi hingga 2020 akan menginterkoneksikan seluruh Kalimantan.

"Sehingga dari sisi kehandalan sistem kita siap," kata Machnizon.

Dirinya juga menjelaskan mengenai strategi PLN dalam perkembangan energi baru terbarukan. 

"Energi baru dan terbarukan juga menjadi prioritas kami, karena di tahun 2025 mendatang, ditargetkan penggunaan EBT kita sebesar 23 persen seluruh Indonesia," terangnya.

Untuk mencapai target ini, PLN akan menggunakan beberapa jenis energi, di antaranya energi aliran dan terjunan air, panas bumi, biofuel, angin, surya, sampah dan lainnya. (*/bob)