SMKN 4 Kembangkan Motor Amphibi Menggunakan Skutik Honda Vario 125 PGM FI

Advertorial

Editor Mul Dibaca : 192

SMKN 4 Kembangkan Motor Amphibi Menggunakan Skutik Honda Vario 125 PGM FI
Prototipe Motor Amphibi SMKN 4 Pontianak
PONTIANAK, SP - Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMKN) 4 Pontianak, berhasil mengembangkan teknologi ramah lingkungan penuh kearifan lokal. Karya tersebut adalah Motor Amphibi yang menggunakan Skuter Matik (Skutik) Honda Vario 125 PGM FI.

Inovasi yang didesain oleh Siswa SMKN 4 Pontianak, dengan dukungan utama dari Astra Motor Pontianak. Kerja sama ini merupakan realisasi program pemerintah, yaitu Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri (LasJuRin). Program ini memperkenalkan “Prototype Motor Amphibi” yang bisa di kendarai, baik di darat maupun di perairan. 

Latar belakang dilahirkannya Motor Amphibi ini selaras dengan ciri khas Kota Pontianak, yaitu banyak sungai, sehingga dapat dijadikan  sebuah obyek wisata air. Dengan Motor Amphibi tersebut, maka wisatawan semakin mudah menjelajah destinasi wisata air tersebut.

"Melalui karya siswa SMKN 4 ini, Astra Motor Pontianak turut serta membangun bangsa. Tentunya dengan produk ini, maka meningkatkan daya tarik Kota Pontianak dalam bidang wisata," kata Technical Instruktir HSO Pontianak, Fitriyadi Cipta.

Pada pembuatannya, motor yang digunakan adalah Skutik terlaris Honda, yaitu Vario 125 PGM FI. Kemudian dilengkapi dengan dua kano, yang mempunyai daya apung hingga 250 Kg. Sehingga masih aman saat dikendarai dua orang, dengan kecepatan bisa 20-40 Km/Jam.

"Sangat cocok untuk wisata Air di kota Pontianak. Kita akan terus dukung SMKN 4, sehingga bisa merealisasikan produksi Motor Amphibi secara massal," ujar.

Motor Amphibi Honda Vario 125 PGM FI, dikenalkan pada Rabu (19/12) sore. Kegiatan tersebut berlangsung di Parit Sungai jawi, Jalan Hasanuddin, tepatnya di depan Dealer Honda Daya Motor. Salah satu delaer resmi Honda di Kalbar.

Hadir pada launching tersebut para pejabat pemerintahan, di antaranya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kalbar, Kepala Bidang Pendidikan Menengan (Kabid Disdikbud) kalbar, Kabid Pariwisata Kalbar, Lurah Mariana, tokoh masyarakat, dan perwakilan Astra Motor, serta pihak SMKN 4 Pontianak. (mul/biz)