Jamalong Siap Angkat Prestasi Atlet

Advertorial

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 57

Jamalong Siap Angkat Prestasi Atlet
Ist
SP - Ahmad Jamalong adalah nama besar di dunia Sepak Takraw. Tidak hanya di tingkat nasional, namun hingga ke pentas internasional. Pria yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Pontianak ini, adalah pemegang lisensi wasit International Sepak Takraw Federation (ISTAF).

Kini, pria asal Makasar, yang telah puluhan tahun mengabdi di Bumi Khatulistiwa ini, mendapat amanah besar memajukan prestasi Cabor Sepak Takraw Kalbar. Pada Musyawarah Provinsi (Musprov) Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Kalbar, ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Pengprov.

Jabatan yang tentunya membawa konsekuensi untuk dijalankan dengan baik. Mengingat nama besar dan kiprahnya di Cabor ini, Jamalong diyakini bisa mengangkat prestasi atlet Sepak Takraw Kalbar ke pentas dunia.

"Terima kasih atas amanah dan kepercayaan masyarakat Kalbar, utamanya insan Sepak Takraw. Dengan adanya kebersamaan dan kerja sama yang baik, saya yakin Cabor ini bisa lebih berkembang," ujarnya.

Prestasi terbaru Ahmad Jamalong adalah memimpin partai final pada perhelatan Asian Games 2018. Arena Asian Games, memang bukan kejuaraan yang asing baginya. Sebelumnya, ia menjadi wasit pada 2 kali Asian Games, yakni Asian Games Doha Qatar 2006 dan Asian Games Goungzhou China 2010.

Selain itu, ia juga punya pengalaman bertuagas di Sea Games Filipina 2005, Sea Games Thailand 2007, Sea Games Laos 2007, Sea Games Indonesia 2011, Sea Games Myanmar 2013 dan Sea Games Malaysia 2017. 

Adapun beberapa kejuaraan lainnya, antara lain Asian Indoor Games di Makau 2006, Asian Beach Games BALI 2008, Asian Beach Games Muscat Oman, Asian Beach Games Phuket Thailand 2014, Kejuaraan Dunia Kings Cup Thailand 2005, 2006, 2008 dan Kejuaraan dunia Grand Prix di Penang Malaysia 2004. Sementara pengalaman mewasiti single event antara lain, Hanoi Open Vietnam 2006 dan Hochimin open Vietnam 2008.

Jamalong yang juga merupakan Pengurus KONI Kalbar masa bakti 2017-2021. Ia menjabat sebagai anggota Bidang Litbang.

"Totalnya sekitar 500 pertandingan. di Asian Games 2018, saya memimpin 25 partai, di antaranya 10 partai final, 9 partai semifinal dan 7 partai penyisihan. Satu di antaranya final yakni ketegori putra Men Quadrant antara Thailand vs Myanmar," paparnya.
 
Jamalong menaruh harapan dan optimisme kedepan Kalbar akan melahirkan lebih banyak atlet berprestasi dikancah internasional termasuk di bidang perwasitan. Menurutnya seluruh masyarakat kalbar harus punya komitmen membangun olahraga khususnya olahraga prestasi. (mul/PK)

Komentar