Sabtu, 14 Desember 2019


Prajurit Lanud Supadio Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 183
Prajurit Lanud Supadio Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran

Ist

PONTIANAK, SP - Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, menggelar Latihan Penanggulangan Kebakaran. Kegiatan yang berlangsung di Mako Lanud Supadio,Jum’at (1/3).

Latihan Penanggulangan Kebakaran ini diskenariokan dengan keadaan yang sebenarnya. Di mana salah satu ruang kantor Mako Lanud Supadio terbakar. Namun, belum sempat api membesar, para prajurit dengan sigap dan cepat mengatasi situasi.

Para personel dari Seksi Pemadam Kebarakan (SPK) dan Dinas Operasi (Disops), didukung personel Satuan Polisi Militer (Satpomau), tim medis RSAU Dr M Sutomo dan anggota lainnya, berhasil memadamkan sumber api yang akan membesar.

Setelah berhasil memadamkan sumber api, ternyata terjadi kebakaran lagi di tempat lain, yaitu di salah satu rumah anggota yang terletak di Komplek Dirgantara 2. Para personel pun segera bergerak ke TKP, dan segera memadamkan api. Kebarakan yang terjadi di komplek Dirgantara 2, sempat memakan korban. Dengan kesigapan dari tim medis dari RSAU Dr M Sutomo.

Menurut Kepala Seksi Operasi dan Latihan (Kasi Opslat) Disops, Mayor Pnb D Leonard Dumatubun menjelaskan, latihan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh anggota Lanud Supadio dalam hal penanggulangan kebakaran yang sesuai dengan Protap dan prosedur yang berlaku.

“Kita tidak menginginkan terjadinya kebakaran, namun bila terjadi kita harus siap menghadapinya. Inilah tujuan dari latihan simulasi penanggulangan kebakaran ini,” kata Mayor Pnb Leonard.

Kasi Opslat menjelaskan, setiap personel Lanud Supadio, harus mengetahui tata cara dari tugas SPK, bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Sehingga dapat dengan cepat dan tepat menyelamatkan barang berharga atau dokumen yang penting.

Menurutnya, bila setiap personel mengetahui tugas dan fungsi saat menghadapi kebakaran, tentunya akan meminimalisir kerugian jiwa dan material. Kemudian, setelah dilaksanakan latihan ini tentunya setiap personel mempunyai gambaran dan wawasan dalam menghadapi bahaya kebakaran.  

Sehari sebelum latihan ini, para prajurit di jajaran Lanud Supadio ini, telah mendapatkan materi tentang pengenalan, pengetahuan dan pelatihan.Terutama mengenai penggunaan alat-alat pemadam kebakaran. 

“Semoga dengan adanya simulasi ini, seluruh jajaran Lanud Supadio, bisa tanggapa apabila ada bencana kebakaran. Harapan terbesarnya, tentu saja tidak terjadi kebakaran di lingkungan Lanud Supadio,” pungkasnya. (mul)