Yayasan Baitul Maal PLN UIW Kalbar Serahkan Bantuan Modal Usaha

Advertorial

Editor M. Eliazer Dibaca : 127

Yayasan Baitul Maal PLN UIW Kalbar Serahkan Bantuan Modal Usaha
Warga menerima bantuan usaha dari Yayasan Baitul Maal (YBN) PLN Unit Induk Wilayah Kalbar
KUBU RAYA, SP - Membantu warga yang kurang mampu dalam merintis dan mengembangkan usaha, menjadi misi Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua YBM UIW Kalbar, Andang Tri Wahyudi saat membuka acara penyerahan bantuan rutin kepada warga kurang mampu, guru ngaji dan da'i di pedalaman Kalbar.

Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di sekretariat YBM, jalan Adi Sucipto, KM 7,3 Sei Raya Kabupaten Kubu Raya, Kamis (14/3).

Bantuan modal usaha yang diberikan berkisar antara Rp3-Rp5 juta. Tidak ada batas waktu pengembalian serta bunganya, karena dana yang diberikan murni berupa bantuan modal usaha.


“Semoga amanah modal usaha ini dapat diberdayakan secara maksimal sehingga dapat mengubah kondisi ekonomi warga kurang mampu," kata Andang.

"Kami hanya mengimbau para penerima bantuan dapat merintis dan mengembangkan usaha sehingga pada gilirannya dapat berubah dari yang semula berstatus penerima bantuan insyaa Allah menjadi pemberi bantuan. Kami hanya menyiapkan media untuk berinfak yang nilainya tidak ditentukan,” tambah Andang.

Senior Manager SDM dan Umum selaku Pengawas dan Pembina YBM UIW Kalbar, Ordaia Arqam Nja’Oemar mengatakan, dana bantuan yang diserahkan murni berasal dari dana zakat, infaq, dan sodakoh (ZIS) pegawai Muslim yang dipungut sebesar 2,5 persen dari penghasilan.


“Atas nama pribadi dan manajemen, saya mengapresiasi kerja keras para pengurus YMB UIW Kalbar dalam menyalurkan dana ZIS seluruh Karyawan Muslim kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya,” ungkap Arqam.

Dijelaskannya pula bahwa sepanjang tahun 2018, YBM PLN UIW Kalbar telah menyalurkan dana ZIS Karyawan sebesar Rp3.641.641.835 kepada lebih dari 8.700-an Mustahiq.

Dari total dana yang disalurkan, sampai dengan Desember 2018 penyaluran terbesar untuk Ashnaf Fakir Miskin sebesar 70 persen. Selebihnya disalurkan untuk program-program rutin sosial kemanusiaan.


Hingga Maret 2019, bantuan rutin tiap bulan yang dilaksanakan oleh YBM antara lain penyerahan paket sembako kepada 61 orang warga kurang mampu, memberikan santunan kepada 25 orang Guru ngaji.

 
“Kerja sama program pemberian intensif kepada 26 orang da’i yang berdakwah di Pedalaman Kalbar sudah berjalan sejak tahun 2016. Pada hari ini YBM PLN UIW Kalbar dan Komunitas Peduli Muslim Pedalaman telah menandatangani MoU kerja sama sebagai wujud komitmen YBM mendukung perjuangan para da’i untuk berdakwah diseluruh pedalaman Kalbar,” tegas Arqam.

Selain itu, YBM secara rutin memberikan bantuan pengobatan warga kurang mampu dan mengeluarkan pasien yang tertahan di rumah sakit karena tidak bisa melunasi biaya pengobatan. Memberikan bea siswa kepada anak usia Sekolah Dasar hingga ke bangku kuliah.


“Beberapa waktu yang lalu YBM juga memberi santunan kepada korban kebakaran, korban banjir di Kabupaten Landak, melaksanakan pengobatan gratis di kampung Sebungkop, Kabupaten Sanggau, serta program sekolah gratis Pesantren Teknologi dan Informatika, Sekolah Programer dan lain-lainnya,” tutup Arqam. (*)