Selasa, 24 September 2019


Honda Perkenalkan Konsep Motor Riding Assist-E Berkemampuan Robotik

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 105
Honda Perkenalkan Konsep Motor Riding Assist-E Berkemampuan Robotik

Honda Riding Assist-e Berkemampuan Robotik

PONTIANAK, SP - Honda baru saja memperkenalkan sepeda motor listrik yang masih dalam model konsep. Motor ini memiliki desain sporty dan teknologi maju, termasuk kemampuan robotika yang membuat berkendara menjadi lebih mudah dikendarai dan menyenangkan.

Motor konsep yang pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017 itu bernama Honda Riding Assist-e, yang mampu menyeimbangkan diri dalam kecepatan rendah tanpa khawatir ambruk atau oleng (self balancing).

Honda Riding Assist-e adalah sepeda motor eksperimental yang menampilkan teknologi kontrol keseimbangan unik Honda, yang dikembangkan melalui penelitian robot humanoid.

Sepeda motor ini secara otomatis menyeimbangkan dirinya sendiri menggunakan mekanisme bantuan yang berasal dari teknologi robotika, untuk situasi kecepatan sangat rendah yang memerlukan perhatian pengendara untuk menyeimbangkan, seperti dalam kemacetan lalu lintas atau situasi start and stop. 

Dengan keseimbangan sepeda motor itu sendiri, tur dan berkendara menjadi lebih mudah, dan lebih menyenangkan. Riding Assist-e ditenagai oleh motor listrik. Model ini menandai langkah ke arah mewujudkan visi 2030 Honda tentang "menikmati kebebasan mobilitas" dan "masyarakat bebas karbon.

Sepeda motor buatan Honda yang memiliki kemampuan self-balancing Kendaraan dengan teknologi Ride Assist itu bisa menyeimbangkan diri supaya tetap tegak tanpa bantuan pengendara dan alat penopang. Bahkan, motor tadi bisa berkendara sendiri. 

Walau menarik, Honda belum mengumumkan kapan teknologi tersebut akan mulai diterapkan pada sepeda motor. Honda menerapkan hasil penelitian mobilitas untuk perangkat mobilitas pribadi self-balancing UNI-CUB dalam konsep Honda Ride Assist untuk mencegah kehilangan keseimbangan saat beristirahat. 

Para pengendara yang ingin mengontrol motornya sendiri dapat memilih mode biasa. Ketika beralih ke Balance Mode, metal forks pada motor dengan teknologi Honda Ride Assist itu akan memperpanjang roda depan jauh dari bodi motor agar stabil. (mul/biz)