Manfaatkan Aplikasi Ibadah Ramadan

Advertorial

Editor elgiants Dibaca : 108

Manfaatkan Aplikasi Ibadah Ramadan
PONTIANAK, SP - Selain menyiapkan jiwa dan raga, tidak ada salahnya menginstal deretan aplikasi ini di ponsel untuk menemani ibadah bulan Ramadhan. Aplikasi tersebut tersedia di platfrom iOS maupun Android. Bisa diunduh secara gratis, walau memang sering menampilkan iklan.

Yang pertama adalah aplikasi Al Quran Indonesia. Yaitu merupakan Al Qur'an dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan dilengkapi MP3 murottal. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan secara offline dengan antar muka yang cukup simpel dan user friendly.

Dilengkapi tajwid berwarna, penandaan bacaan terakhir dan fitur untuk berbagi ayat-ayat yang dibaca ke sosial media. Tidak hanya itu tersedia juga jadwal sholat, kalender hijrah dan arah kiblat.

Kemudian ada Umma, aplikasi yang menyediakan waktu sholat dan petunjuk arah kiblat. Tapi tidak sebatas itu saja, kita dapat memperdalam ajaran agama lewat beragam artikel dan video siraman rohani dari para ustad. Konten yang ditampilkan dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna

Umma turut menghadirkan konten spesial Ramadhan dengan menampilkan bacaan, tips dan resep makanan untuk berbuka ataupun bersantap saur. Agar makin seru, aplikasi ini menyediakan fitur untuk penggunanya berbagi kegiatan mereka sepanjang Ramadhan. 

Setiap konten yang dibagikan akan mendapat point. Nah point yang terkumpul dapat kemudian didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang dipilih.

KESAN, sebagai aplikasi ketiga yang membantu menjadi pribadi muslim yang lebih baik. Dengan fitur nudging, pengguna senantiasa diingatkan untuk melakukan amalan yang positif dan Islami melalui notifikasi relevan dan aktual.

Fitur yang dihadirkan KESAN meliputi hadis hari ini yang disajikan tiap jam 9 pagi. Lalu ada Doa dan Shalawat, Kalender Hijriah, Arah Kiblat hingga Jadwal Sholat. Menariknya aplikasi ini menyajikan Kitab Kuning yang lebih dari 700. Selain itu ada Feed yang menyajikan artikel pengembangan diri.

Adapula Asisten Amalku, adalah aplikasi yang membantu seorang muslim mengerjakan amalan-amalan hariannya. Aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur utama, yaitu Amal Harian, Kalender Puasa, Masjid Sekitar, Shalat 40 Hari, Target Amalku, dan Statistik Amalan.

Lalu ada Hafalan Quran, merupakan game atau permainan digital yang bertujuan untuk memudahkan kita untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur'an. Terdapat dua mode dalam game ini, yakni mode permainan dan mode baca. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh suara pelafalan untuk tiap surat.

Selanjutnya, ada Dua in Quran, yang menghadirkan kumpulan doa yang terdapat dalam Al Qur'an. Disertakan pula terjemahan dalam bahasa Indonesia. Pengguna dapat mengatur ukuran teks dan membagikan doa ke media sosial.

Dapat juga memanfaatkan aplikasi Kajian Sunnah Indonesia, untuk mempermudah yang ingin menuntut ilmu agama Islam. Kajian Sunnah Indonesia menghadirkan kemudahan untuk mencari masjid maupun tempat yang di tempat tersebut mengadakan majelis ilmu.

Selain tempat Aplikasi ini juga akan memberikan informasi tentang Ustadz, Judul Kajian, dan jam diadakannya majelis ilmu. (tik)