Selasa, 17 September 2019


Ini Tips Aman Menggunakan Kendaraan Roda Dua saat Mudik-Balik dari Astra Motor Pontianak

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 173
Ini Tips Aman Menggunakan Kendaraan Roda Dua saat Mudik-Balik dari Astra Motor Pontianak

Tips #cari_aman Astra Motor untuk para pemudik dan pengguna kendaraan roda saat mudik-balik Lebaran Idul Fitri.

PONTIANAK, SP – Bagi seluruh Umat Muslim yang akan dan telah melaksanakan Mudik-Balik Lebaran 2019, diharapkan selalu memperhatikan mengutamakan keselamatan berkendara. Terutama bagi mereka yang menggunakan kendaraan roda dua.  

Astra Motor Pontianak, sebagai main daeler Motor Honda di Kalbar bersama jaringan dealer resmi lainnya, membagikan tip #cari_aman bagi para Pemudik. Dengan slogan #cari_aman, Astra Motor Pontianak mengajak pengendara untuk cerdas saat di jalanan.  

“Utamakan keselamatan dan #cari_aman saat berkendara. Jangan hanya mencari kecepatan, namun wajib memperhatikan keamanan dan keselamatan di jalan raya,” ujar Instruktur Safety Riding Education Astra Motor Pontianak, Dony Andrian.  

Untuk menerapkan slogan #cari_aman saat mudik, Dony menjelaskan ada beberapa hal yang wajib dilakukan. Di antaranya persiapan fisik pengendara dan kendaraan yang akan digunakan. Dua kesiapan ini,akan membuat pemudik nyaman dan aman di jalan raya.  

Dari kesiapan fisik pengendara, lanjut Dony, ada beberapa tips agar selalu prima. Yang pertama aalah bangun pagi, agar pikiran segar dan tidak terburu-buru untuk beraktivitas. Kedua pikiran harus selalu fokus agar pekerjaan selesai tepat waktu.  

“Selain itu, olahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ga ada salahnya sempetin 30 menit sehari untuk berolahraga sehabis kerja, dan yang pasti tetap menjalankan ibadah sesuai kewajiban kita,” kata Dony.

Kemudian untuk mudik, kondisi motor juga harus tetap terjaga. Pastikan untuk pengecekan ringan sebelum berkendara, kondisi ban, bahan bakar serta selalu pake spare parts asli dari Honda Genuine Parts dan oli asli dari AHM Oil.  

Untuk pengecekan rutin kendaraan, papar Dony yang wajib dicek adalah cek pengereman, cek roda, ban, dan tekanan angin. Cek instrumen lampu, cek gerak kemudia, dan cek ketersediaan BBM. Untuk penggunaan oli, yang tepat adalah oli mesin AHM Oil, karena lebih irit, peforma maksimal, dan membuat mesin tahan lama.  

“Hindari mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraan. Patuhi rambu-rambu lalu lintas di jalanan. Dan istirahat apabila kelelahan. Jangan memaksakan diri apabila mengantuk, apalagi sudah lapar,” tutur Dony sambil tertawa.  

Dony memastikan, apabila tips sederhana ini dilakukan dengan baik, maka pemudik bisa nyaman dan aman saat berkendara. Apalagi dengan suasana yang padat dan penuh kendaraan di jalanan, maka pengendara wajib selelu waspada dan fokus saat berkendara.  

“Selalu usahakan #cari_aman. Sehingga selamat sampai di tujuan. Berkendara yang baik adalah yang menghormati pengendara lainnya. Pakai perlengkapan berkendara, yaitu jaket, helm standar, sepatu, dan perlengkapan pribadi lainnya,” pungkas Dony. (mul)