Senin, 14 Oktober 2019


Duo Brio Jadi Andalan Honda

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 173
Duo Brio Jadi Andalan Honda

Produsen mobil Honda, sangat mengandalkan dua mobil kecilnya, yaitu Brio. Pada bulan Mei 2019, Honda mengaku telah menjual 11.048 unit mobil. Sementara di sepanjang tahun 2019 ini, Honda telah mengumpulkan penjualan sebanyak 51.524 unit.

JAKARTA, SP - Produsen mobil Honda, sangat mengandalkan dua mobil kecilnya, yaitu Brio. Pada bulan Mei 2019, Honda mengaku telah menjual 11.048 unit mobil. Sementara di sepanjang tahun 2019 ini, Honda telah mengumpulkan penjualan sebanyak 51.524 unit.



Pada bulan Mei 2019, All New Honda Brio Satya dan All New Honda Brio RS, mempertahankan posisi sebagai penyumbang terbesar bagi penjualan Honda di bulan Mei.

All New Brio Satya mencatat penjualan sebesar 4.030 unit di bulan Mei, naik 10 persen, dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, All New Brio RS terjual sebanyak 932 unit atau naik 30 persen dari bulan sebelumnya.  

Selain All New Honda Brio, beberapa model lainnya juga turut berkontribusi terhadap penjualan Honda di bulan Mei, meliputi Honda Mobilio sebesar 1.888 unit, Honda HR-V 1.5L sebanyak 1.542 unit dan Honda Jazz sebanyak 1.085 unit.

Sementara itu, Honda CR-V terjual sebanyak 750 unit.   Diikuti Honda BR-V sebesar 538 unit dan Honda Civic Hatchback sebesar 88 unit. Masih pada bulan yang sama, Honda HR-V 1.8L membukukan penjualan sebanyak 79 unit, Honda Civic Sedan sebanyak 66 unit, Honda City sebanyak 37 unit dan Honda Odyssey sebanyak 13 unit.  

Honda Brio mulai masuk di pasaran mobil di Indonesia sejak tahun 2012. Hingga tahun 2019, mobil besutan negeri Bunga Sakura itu selalu memasuki daftar 10 mobil terlaris di Indonesia.  

Honda Brio telah hadir dalam beberapa tipe yang ditujukan untuk memanjakan konsumen. Dengan banyaknya tipe, calon pembeli akan bisa memilih dengan leluasa mengenai tipe mana yang lebih cocok dan sesuai kebutuhan.

Tipe Honda Brio sejauh ini melingkupi Honda Brio Satya S MT, Honda Brio Satya E MT, Honda Brio Satya E CVT, Honda Brio RS MT, dan Honda Brio RS CVT.   Honda Brio S MT dan Honda Brio E MT dibanderol dengan selisih harga Rp 8.5 juta. Maka tak heran jika Honda Brio E MT hadir dengan fitur yang lebih banyak. Mobil ini dibekali dengan lampu kabut, audio steering switch, wiper belakang, auto door-lock, dan sistem alarm built-in.  

Sementara itu, Honda Brio S MT hanya memiliki beberapa fitur yang tentunya juga ada pada Honda Brio E MT, yaitu AC digital dan dual-front SRS Airbag. Selain itu, tak lupa terdapat sistem audio dengan konektivitas bluetooth dan HFT, tentunya tanpa display touchscreen.  

Baik Honda Brio S maupun E sama-sama mengusung mesin 1.199cc dengan bahan bakar bensin. Dapur pacu bertenaga 89 hp dan torsi 110 Nm ini dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan.  

Tampilan keduanya pun sama persis. Lampu depan Honda Brio S dan E masih menggunakan bohlam yang berpadu dengan LED DRL. Selain itu, terdapat gril depan dengan aksen krom layaknya Honda Mobilio.  

Honda Brio RS sebagai varian tertinggi ini memiliki desain yang lebih sporty dan stylish dari tipe lainnya. Dari sisi sejarah sendiri, mobil Honda Brio RS mulai diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, serta dipamerkan pada perhelatan IIMS 2016.  

Mesin yang digunakan mobil Honda Brio bertipe 1.2L i-VTEC. Dari mesin ini, Honda Brio bisa menghasilkan tenaga sebesar 90 Ps pada 6.000 rpm, sedangkan torsi puncaknya sebesar 110 Nm pada 4.800 rpm. (mul)





  •