Minggu, 15 Desember 2019


Sekretaris Disporapar Kalbar Jajal Lapangan Basket SMAN 1 Pontianak

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 169
Sekretaris Disporapar Kalbar Jajal Lapangan Basket SMAN 1 Pontianak

BUKA KEJUARAAN - Sekretaris Dsiporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastary, S.STP.M. Si, mewakili Kadisporapar Provinsi Kalbar, Dra. Natalia Karyawati, ME, saat pembukaan Kejuaraan Basket sekaligus peresmian Lapangan Basket Smansa, Jumat (12/7) di SMAN 1 Po

PONTIANAK, SP - Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dsiporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastary, S.STP.M. Si, sangat mengapresiasi kegiatan olahraga di SMA Negeri I (Smansa) Pontianak.  

Apresiasi tersebut ia sampaikan saat mewakili Kadisporapar Provinsi Kalbar, Dra. Natalia Karyawati, ME, pada pembukaan Kejuaraan Basket sekaligus peresmian Lapangan Basket Smansa, Jumat (12/7/2019) di SMAN 1 Pontianak.  

“Saya bangga dengan pembinaan olahraga pelajar di Smansa Pontianak. Salah satunya adalah rutin menggelar beberapa kejuaraan olahraga,” ujar Windy.  

Kejuaraan Bola Basket yang bertajuk “Smansa Cup II”, merupakan agenda tahunan Smansa yang memasuki tahun ke-2. Menurut Windy, kegiatan tersebut sangat baik, karena menjadi ajang penggalian bakat para siswa - siswi di bidang olahraga.  

“Pembudayaan olahraga itu sendiri, merupakan upaya pembiasaan hingga masyarakat merasa bahwa olahraga telah menjadi bagian dari kesehariannya,” tutur Sekretaris Disporapar.

Dengan pembiasaan dan membudayakan olahraga yang baik, lanjut Windy, maka seluruh unsur olahraga, baik yang berdimensi rekreasi, pendidikan, terlebih lagi prestasi, akan menjadi lebih mudah tumbuh dan berkembangnya, di tengah-tengah masyarakat.

Pada moment tersebut, Windy juga berkesempatan menjajal Lapangan Basket Smansa, usai membuka dan meresmikan pemakaiannya. Ia bahkan sempat melempar bola ke keranjang, dan masuk dengan mulus.  

“Saya suka olahraga, termasuk bermain Basket. Lapangan di Smansa ini sangat representatif, dan bisa menjadi sarana menggelar kejuaraan yang lebih besar lagi,” papar Windy.  

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Disporapar Kalbar, Charles menjelaskan, bahwa semakin banyak kejuaraan antar pelajar di sekolah-sekolah,  bisa jadi upaya peningkatan prestasi.

Atlet pelajar, lanjut Charles, punya wadah pengembangan prestasi, yaitu lewat pekan olahraga pelajar, baik daerah, wilayah, hingga ke nasional.

“Beberapa waktu lalu, kita baru saja menggelar Popda Kalbar 2019. Para atlet pelajar terbaik, kita siapkan ke Popnas Papua tahun ini. Oleh karenanya, tentu saja kita sangat mendukung adanya kejuaraan di sekolah-sekolah tingkat SMA,” ujar Charles.  

Untuk persiapan Popnas ke Papua Tahun 2019, Charles mengakui sudah dilakukan usai Popda Kalbar. Misalnya dengan melaksanakan pemusatan latihan atlet. Direncanakan Popda akan berlangsung di Papua pada Oktober 2019.  

“Sudah TC, walau secara mandiri, atlet juga sudah melakukannya. Karena di Pengprov Cabor, biasanya menggelar TC mandiri bagi atletnya yang akan tampil di Popnas,” pungkasnya. (mul/biz)