Kamis, 19 September 2019


Kadisporapar Harap Paskibraka Tekun Latihan

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 226
Kadisporapar Harap Paskibraka Tekun Latihan

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar, Natalia Karyawati, berharap para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi, bisa tekun berlatih.

PONTIANAK, SP - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar, Natalia Karyawati, berharap para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi, bisa tekun berlatih.  

Anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2019, berjumlah 28 orang, yang terdiri dari 14 Putra dan 14 Putri. Mereka berasal dari 14 Kabupaten/Kota di Kalbar. Para pelajar terbaik hasil seleksi ini, diasramakan di Balai Diklat Dana Pensiun (BD Dapen) Bank Kalbar, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak.  

"Pastinya harus tekun, kompak, dan terus menjaga kebersamaan. Karena tugas mereka cukup berat, tampil di hadapan Gubernur dan peserta upacara HUT Kemerdekaan RU ke-74 Tahun 2019," kata Natalia.  

Selama tinggl di Desa Bahagia, sebutan tempat tinggal para Paskibraka Tingkat Provinsi, mereka mengikuti pelatihan dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Mereka didampingi oleh para pelatih yang berasal dari TNI-Polri dan pengurus Purna Bakti Paskibraka Indonesia (PPI) Kalbar.  

"Semua kebutuhan anggota Paskibraka dikelola oleh Disporapar Kalbar, melalui Bidang Kepemudaan. Semoga mereka dapat mengemban amanah ini dengan baik," paparnya.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Disporapar Kalbar, Sugeng Hariyadi, para anggota Paskibaraka Tingkat Provinsi, sudah masuk ke Desa Bahahia sejak Rabu (28/7). Mereka akan berlatih hingga 16 Agustus 2019, dan bertugas tepat pada detik-detik proklamasi 17 Agustus 2019.  

"Latihan rutin pagi dan sore di Halaman Kantor Gubernur Kalbar. Pelatihnya dari Kodam, Lanud, dan Lantamal serta Polda Kalbar. Mereka juga didampingi oleh PPI Kalbar," tutur Sugeng.  

Adapun 28 anggota Paskibraka Provinsi Kalbar Tahun 2019 adalah perwakilan dari SLTA se-Kalbar. Mereka di antaranya adalah Ridho Samudra dan Putri Rizki Umaimah dari Kota Pontianak. Aiff Mu'ayyat Sauqi Syarif dan Kely Tri Evani, dari Kabupaten Kubu Raya.  

Kemudian ada Dimas Aji Subekti dan Nasya Fadiyah Aya dari Kabupaten Mempawah. Deby Cristin Simbolon dan Angling Nur Syakbana dari Kota Singkawang. Teo Vernando Payuono dan Djulianti dari Kabupaten Bengkayang.  

Mahathir Muda dan Sabna Wiyanda dari Kabupaten Sambas. Egi Andari dan Maria Novi Triyanti dari Kabupaten Sanggau. Andhika Putra Wicaksono dan Kristin Angelia Putri perwakilan Kabupaten Landak. Petrus Bom Bom dan Regina Auredya dari Kabupaten Sekadau.  

Lalu ada Rachmad Yuliansyah dan Fitri Kusjyanti dari Kabupaten Sintang. Khairul Lili Syahputra dan Lisvi Revina dari Kabupaten Melawi. Reyhan Tegar Manungga dan Veni Dominika Minjunin dari Kabupaten Kapuas Hulu. Alvino Aryuda Putra dan Sony Novita dari Kabupaten Kayong Utara serta Edi Johan dan Sekar Wulandari dari Kabupaten Ketapang.  

"Selain 28 anggota Paskibraka Tingkat Provinsi, Disporapar Kalbar juga mengirim dua perwakilan ke tingkat nasional. Keduanya adalah Wirendi Angga Rahmawan, yang merupakan siswa SMAN 1 Ketapang dan putri adalah Thalia Putri Andriani, asal SMAN 1 Kota Pontianak.  

Keduanya telah berangkat ke Jakarta pada Rabu, 24 Juli 2019, untuk mengikuti pemusataan, Diklat Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2019 di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON) Cibubur Jakarta Timur.  

"Pemusatan Diklat dilaksanakan selama kurang lebih 25 hari yang dimulai pada 25 Juli 2019. Saat dalam Diklat atau biasa disebut Desa Bahagia, mereka para pemuda pemudi terpilih yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia akan dididik dan dibina untuk menjalankan tugas negara menjadi Paskibraka di Istana Negara dalam rangka HUT RI Ke-74 Tahun 2019," papar Sugeng. (mul/biz)