Rabu, 16 Oktober 2019


Tim Elit PLN Bersihkan Plat Seng Rumah di Jaringan Transmisi 150 kV

Editor:

M. Eliazer

    |     Pembaca: 1119
Tim Elit PLN Bersihkan Plat Seng Rumah di Jaringan Transmisi 150 kV

Tim Elit PLN PDKB TT PLN membersihkan plat seng yang tersangkut di jaringan transmisi bertegangan tinggi

PONTIANAK, SP - Angin puting beliung menghantam Kota Pontianak dan sekitarnya, sehingga menyebabkan gangguan pada jaringan transmisi PLN arah Siantan–Sungai Raya kemarin.

Upaya penormalan gardu induk yang terdampak padam dilakukan secara bertahap. Dalam waktu kurang lebih tujuh menit sejak terjadinya gangguan, gardu induk Bengkayang sudah kembali bertegangan, dan selanjutnya diikuti beberapa gardu induk lain di Kota Pontianak dan sekitarnya.  

Menurut General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi, pada, Kamis (14/8), Tim elit PDKB TT (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Tinggi) PLN berjibaku membersihkan plat seng rumah yang masih menempel di saluran dan tower transmisi 150 kV.

"Pasukan PDKB TT adalah pasukan elit milik PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan dan penggantian isolator, konduktor serta komponen lainnya pada jaringan listrik, khususnya transmisi, tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat dapat tetap menikmati listriknya," ungkap Agung.

Agung juga mengatakan, setelah melakukan inspeksi dan menganalisa gangguan, tim PDKB TT bergerak cepat melakukan pekerjaan membersihkan plat seng rumah yang menempel pada jaringan transmisi 150 kV.

“Angin puting beliung menyebabkan beberapa benda asing yang diduga plat seng rumah warga beterbangan. Hari ini, tim PDKB TT kami sedang membersihkan plat seng rumah tersebut, yang menempel pada jaringan transmisi arah Siantan-Sungai Raya, yang kemarin menyebabkan padam di beberapa lokasi,” kata Agung.

Ia menambahkan, upaya penormalan jaringan yang terganggu segera dilakukan, PLN mengupayakan proses penormalan berjalan cepat.

Agung juga mengimbau masyarakat agar segera melapor ke kantor layanan PLN terdekat, jika melihat dan menemukan ada kejanggalan pada instalasi listrik, seperti kawat layang-layang yang menggantung pada jaringan instalasi PLN, tower atau tiang listrik yang miring atau bengkok.

Agung juga mminta masyarakat agar tidak melakukan pembakaran benda apapun di dekat jaringan listrik.

"Jika masyarakat menemukan kejanggalan pada jaringan listrik harap segera melapor ke kantor layanan PLN terdekat atau melalui call center 0561 123, agar dapat segera ditindaklanjuti petugas PLN, demi kemananan warga dan  keandalan pasokan listrik," tutur Agung.

PLN berkomitmen untuk terus menjaga keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Tim PDKB TT Kalbar yang dibentuk sejak bulan Januari 2019 saat ini memiliki 11 personil.


Tim PDKB TT Kalbar Tetap mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan kerja dalam melaksanakan tugas, memastikan pekerjaan bisa dilakukan dengan kondisi tanpa padam (peralatan masih bertegangan). Aman bagi peralatan, aman bagi pekerja, serta aman bagi masyarakat pengguna jasa ketenagalistrikan. (*)