Senin, 23 September 2019


Pertamina Gelar Pesta Rakyat dan Pasar Murah untuk Ribuan Warga Tuban

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 72
Pertamina Gelar Pesta Rakyat dan Pasar Murah untuk Ribuan Warga Tuban

PT Pertamina menggelar pesta rakyat dan pasar murah, yang bertajuk Festival Merdeka Pertamina, dihadiri lebih dari 5.500 orang, di Lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga, Tuban, Minggu (18/8/2019).

TUBAN, SP - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI, PT  Pertamina menggelar pesta rakyat dan pasar murah. Kegiatan tersebut bertajuk Festival Merdeka Pertamina, yang dihadiri lebih dari 5.500 orang, di Lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga, Tuban, Minggu (18/8/2019).  

Kegiatan tersbeut juga menjadi rangkaian program tahunan BUMN hadir untuk Negeri. Diawali dengan jalan sehat bersama Bupati Tuban, Fathul Huda, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, dan jajaran Direksi BUMN serta masyarakat.  

Festival Merdeka Pertamina menggelar sejumlah kegiatan seperti jalan sehat, lomba 17 Agustus, Sembako murah untuk masyarakat, kuliner gratis, pameran produk mitra binaan BUMN, program pemeriksaan kesehatan gratis (Sehati Pertamina), hiburan rakyat serta pengundian doorprize.
 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, Festival Merdeka Pertamina merupakan bagian dari sinergi perusahaan negara dalam program BUMN Hadir untuk Negeri, dimana pada tahun ini Pertamina menjadi BUMN PIC untuk wilayah Jawa Timur bersama dengan 4 (empat) BUMN Co-PIC yang ditunjuk meliputi PT Waskita Karya (Persero) tbk, PT INKA, PT Perkebunan Nusantara XI dan PT PAL (Persero) dengan wilayah yang dipilih yakni Kabupaten Tuban.  

“Berbagai lapisan masyarakat Tuban yang hadir, diajak untuk mengikuti Jalan Sehat, berbagai lomba khas 17an, lomba mewarnai bagi pelajar SD serta lomba mendongeng bagi guru tingkat SD,” kata Fajriyah.  

Dalam gelaran ini, 4.000 paket sembako murah disiapkan oleh ke lima BUMN tersebut dan sebagian dibagikan untuk masyarakat di area Ring I TBBM Tuban dan NGRR Tuban, dimana Paket Sembako senilai Rp100.000, per paket, dijual seharga Rp25.000, per paket yang berisi beras, minyak goreng dan gula pasir. Hasil penjualan sembako akan diberikan kembali kepada masyarakat di area ring I operasial masing-masing BUMN dalam bentuk bantuan program CSR.  

“Selain itu, ada pula Program Pertamina Sehati dengan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis untuk 200 Balita dan 50 Ibu Hamil serta pemberian makanan tambahan,” paparnya.  

Pertamina juga menyajikan berbagai kuliner gratis di 15 stand kuliner, serta menyiapkan 20 booth untuk pameran dan bazar produk BUMN dan mitra binaan BUMN. Di booth ini Pertamina mempromosikan produk Bright Gas dan Fastron, kerajian kulit, batik, makanan ringan produk Mitra Binaan dan CSR.  

Festival Merdeka Pertamina merupakan bentuk kehadiran Pertamina bersama dengan BUMN lainnya dalam satu rangkaian sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN). Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi BUMN khususnya Pertamina untuk turut memberikan kebahagiaan bagi masyarakat, serta upaya merekatkan rasa kebangsaan dan persatuan diseluruh penjuru negeri yang sudah dilaksanakan Pertamina sejak program BHUN ini diluncurkan pada tahun 2015.  

“Acara ini juga merupakan bagian dari gelaran acara syukuran atas kemerdekaan Indonesia dan Pertamina ingin terus menyalakan energi semangat perjuangan agar dapat bersama-sama menciptakan SDM yang unggul untuk mewujudkan Indonesia maju,” imbuh Fajriyah.  

Menurut Fajriyah, melalui kegiatan Festival Merdeka Pertamina ini, diharapkan masyarakat semakin merasakan kehadiran Pertamina sebagai salah satu BUMN yang merupakan motor penggerak ekonomi nasional dan agen pembangunan masyarakat yang secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada Festival Merdeka Pertamina.   Pada 17 Agustus kemarin, Pertamina juga turut menyelenggarakan kegiatan Coastal Clean Up dan Penanaman Pohon di Mangrove Center Tuban.

Kegiatan tersebut disinergikan menjadi satu rangkaian dengan bantuan CSR bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan dengan total bantuan mencapai lebih dari Rp1,2 Milyar.  

“Mari bersama-sama kita menjaga energi kemerdekaan untuk berjuang mewujudkan SDM unggul dan Indonesia maju,” pungkas Fajriyah.  

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Tuban, Fathul Huda mengapresiasi upaya Kementerian BUMN yang menggulirkan kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di kabupaten tersebut. Menurutnya, berbagai acara yang diadakan sejak peringatan HUT ke-74 RI, menunjukkan bahwa perusahaan BUMN mencintai negeri ini.  

"Bukti kecintaan perusahaan BUMN adalah dengan cara berkorban dan berkontribusi dalam pembangunan di seluruh nusantara. Karena itu, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Tuban untuk meniru kiprah BUMN. Tentunya, sesuai dengan kemampuan masing-masing," ujarnya. (mul/*)