Sabtu, 19 Oktober 2019


Stepanus Ari Ajak Pengusaha Muda Landak Bersaing Mampu Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 37
Stepanus Ari Ajak Pengusaha Muda Landak Bersaing Mampu Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

Plt Ketua HIPMI Landak, Stepanus Ari saat menghadiri Munas HIPMI XVI di Jakarta pada 16-17 September 2019.

NGABANG, SP - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) baru saja selesai menggelar Musyawarah Nasional (Munas) XVI di Hotel Sultan, Jakarta, 16-17September 2019. Ajang tersebut menjadi wadah tertinggi organisasi.  

Dalam Munas yang dilaksanakan tersebut, selain menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) Ketua Umum (Ketum) HIPMI Periode 2015-2018, juga menjadi ajang pemilihan Ketum HIPMI Periode 2019-2022. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).  

Munas sendiri menghasilkan Ketum HIPMI Terpilih Periode 2019-2022, yaitu Mardani H Maming, yang juga mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).  

Salah satu peserta dalam Munas HIPMI ke-16 adalah Plt Ketua HIPMI Kabupaten Landak, Stepanus Ari. Ia mewakili Kabupaten Landak dan hadir dalam Munas tersebut, dengan membawa visi dan misi mengajak pengusaha muda Kabupaten Landak, untuk terus maju dan berkembang.  

“Tertutama diera digitalisasi saat ini. Sesuai dengan misi HIPMI pusat, yakni, menjadikan HIPMI sebagai Candradimuka pengusaha yang tangguh, inovatif dan berbudaya saing di era revolusi industri 4.0," ujar Ari  

Lanjutnya, adapun misi HIPMI berikutnya adalah, mendorong kader-kader HIPMI menciptakan pengusaha-pengusaha muda dan lapangan pekerjaan baru, baik di tingkat lokal mau pun nasional. Meningkatkan kapasitas kader-kader HIMPI dalam menumbuhkembangkan bisnis melalui pelatihan dan forum-forum bisnis.  

“Termasuk mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) membuat e-Katalog lokal. Agar menjadi salah satu indikator perkembangan dan kemajuan HIPMI di daerah,” tuturnya.  

Kemudian, papar Ari, HIPMI juga mendorong Pemda untuk melibatkan kader-kader HIPMI dalam pembangunan daerah. Mendorong kader untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi digital dalam menghadapi revolusi industri 4.0  

“Terakhir, adalah mendorong kader-kader HIPMI untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman. Kita juga siap mengaplikasikan peran HIPMI sebagai lokomotif pembangunan ekonomi yang berkeadilan," ungkapnya.  

Selain itu, tentunya harus bersinegritas antara HIPMI dengan Pemerintah Pusat (Pempus) dan Pemda, sehingga terjalin kemitraan strategis. Ari menyatakan, ada rencana Bupati Landak, Karolin yang akan ditempatkan sebagai dewan kehormatan HIPMI Pusat.  

“Kita harus mengembangkan organisasi. Meningkatkan kualitas SDM, sehingga terus mampu bersaing di era digitalisasi ini," pungkasnya. (*)