Selasa, 15 Oktober 2019


BPN Kota Pontianak Terapkan Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 94
BPN Kota Pontianak Terapkan Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik

Kantor BPN/ATR Kota Pontianak, mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik.

PONTIANAK, SP - Kantor BPN/ATR Kota Pontianak, mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik. Acara ini bertujuan bertujuan mengenalkan Aplikasi HT Elektronik yang baru saja di soft lounching ke Publik oleh Kementerian ARTR/BPN beberapa waktu lalu.   

Dalam pelaksanaan nya Pelayanan ini akan bersinergi dengan Perbankan. Kegiatan tersebut di adakan di Hotel Mercure Jalan Ayani Pontianak, Rabu (18/9/2019), mulai pukul 10.00 WIB. 
 

Kepala Kantor Wilayah BPN/ATR Kalbar Eri Suwondo, mengatakan bahwa, dengan Aplikasi HT Elektronik ini, akan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan aplikasi digital.  

“Artinya dengan Aplikasi ini, BTN/ATR akan menuju standard pelayanan global. "Dengan Aliaksi HT Elektronik, diharapkan, pelayanan Kantor BPN/ATR semakin tertib dan baik,” ungkapnya.   

Mulai hari ini pelayanan Hak Tanggungan secara elektronik sudah kita Terapkan. Walau saat ini Pilot Project baru Kota Pontianak, namun berikut nya, seluruh daerah di Kalbar akan kita Terapkan. Untuk skala nasional, baru 42 kantor yang menerapkan sistem pelayanan ini.  

“Kota Pontianak adalah Kota pertama di Kalbar. Ini menandakan, bahwa Kota Pontianak sudah memenuhi standar pelayanan,” tambahnya.   

Kepala Kantor BTN/ATR Kota Pontianak Rian Har Edy Santoso mengatakan, bahwa telah mempersiapkan Pelayanan Teknis sajak tahun 2018, dengan mengajudikasi semua dokumen 2018. Secara keseluruhan, Pelayanan HT baru bisa terlaksana hari ini.   

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Nomor 444, tanggal 3 September 2019, bahwa menunjuk kantor BPN / ATR Kota Pontianak, menjadi salah satu Pilot Project Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik.  

“Sedangkan petunjuk teknis Penerapan sistem layanan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2019. Mulai hari ini sudah bisa diterapkan. Dari infrastruktur kita sudah siap,” lanjutnya.   

Dengan tersedianya layanan ini, menjadi lebih mudah. Dihimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurus sendiri. Kantor BPN / ATR Kota Pontianak memberikan Prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri dan akan dipermudah.  

“Jika semua syarat lengkap, akan mempercepat proses pelayanan. Pelayanan sistem elektronik akan dilakukan secara bertahap. Sehingga semua pelayanan di Kantor BPN / ATR menggunakan sistem elektronik. Saat ini baru Bank BTN dan Panin Bank yang siap berintegrasi dengan Pelayanan kami,” pungkasnya. (arief)