Selasa, 15 Oktober 2019


Honda ADV150 Siap Tampil di Tokyo Motor Show 2019

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 49
Honda ADV150 Siap Tampil di Tokyo Motor Show 2019

Honda ADV150 Siap Tampil di Tokyo Motor Show 2019

PONTIANAK, SP - Skuter Matik (Skutik) bongsor milik PT Astra Honda Motor (AHM), Honda ADV150 dipastikan akan tampil di Tokyo Motor Show 2019. Kehadirannya sebagai panggung perkenalan.

Selain itu, juga mengawali debut globalnya, setelah meluncur pertama kali di Indonesia. Kendati begitu, belum diketahui kapan Skutik buatan terbaik di kelasnya ini, bisa dinikmati motoris Negeri Sakura.

Skutik yang nyaman dan aman dibawa adventure ini, akan jadi barang panas. Sama seperti konsumen di Tanah Air, yang kepincut dengan tampilan ala tualangnya. Alhasil, ribuan unit terjual pasca si produk meluncur.

Di Negeri Matahari Terbit sendiri, tampang ADV150 bisa dibilang tidak umum. Dari produk dagangannya terutama skutik, ADV150 lah yang punya tongkrongan paling beda. Rasanya dia lebih ideal diajak touring keluar kota, ketimbang Honda PCX 150.

Secara garis besar, desain ADV150 peruntukan Jepang, tidak berbeda dengan aslinya dari Indonesia. Tetap mengandalkan desain maskulin bak skutik jelajah. Garis-garis tegas pada bodi mengalir deras dari muka sampai ke buritan.

Didukung pula tinggi badan menjulang serta penggunaan stang fatbar. Konsep itu pun diperkuat lagi dengan pemilihan ukuran ban belang, depan 14 inci, belakang 13 inci, serta pola tapak dual purpose.

Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan. Pada bagian sepatbor depan, ADV150 ini disemati sepasang mata kucing. Tujuan pengaplikasiannya, tak lain untuk mengikuti regulasi standar kendaraan roda dua di Jepang.

Kemudian tak ada dudukan pelat nomor di depan, melainkan cuma di belakang saja. Selebihnya, baik tampilan maupun fiturnya sama.

ADV150 mengaplikasi sistem penerangan modern. Lampu LED bersarang pada lampu utama dan DRL (daytime running light).

Jenis yang sama juga digunakan pada lampu belakang. Termasuk pula lampu sein (depan-belakang). Fitur lain seperti windshield adjustable juga ada. Peranti penghalau angin ini punya dua setelan (tinggi-rendah). Termasuk panel meter digital yang menjadi penampang berbagai informasi.

Mulai dari speedometer, fuel meter, average fuel consumption, instan fuel consumption, odometer, trip meter, date & time, battery indicator, oil change indicator dan outdoor temperature indicator.

Guna memberi kemudahan lain, Honda sudah membekali sistem kunci smart key system. Dengan begitu, pengoperasian ADV150 menjadi lebih pintar tanpa anak kunci. Di sisi kanan itu juga terintegrasi tombol pembuka jok dan tangki bensin.

Sementara di sisi lainnya terdapat power outlet untuk mengisi daya gawai. Menyoal handling, ADV150 menjanjikan pengendalian apik via suspensi depan up-side down (USD) dan shock tabung di belakang.

Mengenai mesin pun sama, memakai jantung mekanis injeksi (PGM-Fi) berkapasitas 150 cc. Terapan teknologi khas Honda yaitu eSP dan fitur Idling Stop System (ISS) pun menjadi syarat mutlak. Bekal itu menyanggupi ADV150 mengail tenaga 14,3 Hp di 8.500 RPM dan torsi 13,8 Nm di 6.500 RPM.

Namun untuk penghenti laju, rasanya cuma varian ABS saja yang bakal dipasarkan. Lagi-lagi soal regulasi. Kabarnya, status ADV150 di sana cuma sebatas pajangan. Sumber serupa memprediksi, produknya baru dapat dipinang konsumen, tahun depan. (mul)